IMPLEMENTASI SMS GATEWAY DAN SISTEM INFORMASI BANK DARAH PADA PMI CABANG BANDUNG BERBASIS WEB

Iswara Rizaldy

Informasi Dasar

611091007
658.403 801 1
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Salah satu kendala dalam mengetahui stok darah pada suatu kota adalah tidak punyanya wadah informasi ketersediaan darah yang diperlukan oleh masyarakat dan rumah sakit dan juga kurangnya sistem informasi yang masih bersifat manual. Sehingga dibutuhkan sistem informasi bank darah yang baru untuk membantu dalam mengetahui kondisi darah yang ada pada PMI cabang Bandung.

Pada Proyek Akhir ini penulis membuat aplikasi software berbasis web dan juga menggunakan aplikasi smsgateway untuk menyempurnakan sistem informasi bank darah yang dibangun oleh penulis. Pada pembuatan web menggunakan aplikasi xampp dan menggunakan bahasa script PHP (preposition hypertext) dan untuk smsgateway menggunakan aplikasi gammu dan handphone sony ericsson k800.

Hasil dari aplikasi ini, adalah sistem informasi bank darah adalah suatu web yang diintegrasikan dengan smsgateway. Kecepatan respon akses web saat diakses oleh 2000 user diperoleh hasil 19,70Kbps (Server Down) dan 410ms untuk waktu respon dengan tingkat error 100%. Untuk MOS yang didapat dari 30 koresponden adalah dari segi nilai manfaat sebesar 3,2 yang berarti kualitasnya good, untuk kemudahan bagi user sebesar 2,9, sedangkan untuk tampilan web sistem pencarian darah didapat 2,7, selanjutnya dari segi kelengkapan menu sebesar 2,6 dan untuk dari segi kecepatan akses web sebesar 2,9 yang berarti keseluruhan dapat dinilai kualitasnya adalah fair.Kata Kunci : darah, PMI, web dan smsgateway.ABSTRACT: One obstacle in knowing the blood supply to a city is not hers blood vessel availability of information needed by the public and hospitals and also the lack of information systems still manual. So it takes a blood bank information systems to assist in finding new blood condition that existed at PMI Bandung.

At this final project to make web-based software applications and also use the app to enhance smsgateway blood bank information system built by the author. In making use of web applications using xampp and PHP scripting language (hypertext preposition) and for smsgateway use gammu applications and Sony Ericsson K800 mobile phone.

The results of this application, is a blood bank information system is integrated with a web smsgateway. Response speed web access when accessed by a user obtained results 2000 Kbps 19.70 (Server Down) and 410ms for response time with an error rate of 100%. For MOS obtained from 30 correspondent is in terms of the value of the benefits of 3.2, which means the quality is good, for user convenience by 2.9, while web search system to display blood obtained 2.7, the next in terms of completeness menu for 2, 6 and in terms of access speed of 2.9 which means that the web can be assessed overall quality is fair.Keyword: blood, PMI, web dan smsgateway.

Subjek

SISTEM INFORMASI
 

Katalog

IMPLEMENTASI SMS GATEWAY DAN SISTEM INFORMASI BANK DARAH PADA PMI CABANG BANDUNG BERBASIS WEB
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Iswara Rizaldy
Perorangan
Tengku Ahmad Riza, Purba Daru Kusuma
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini