Perancangan dan Implementasi Kunci Pintu Otomatis dengan Fingerprint Berbasis Mikrokontroler

Anggidhira Widyananda

Informasi Dasar

611091022
621.381
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Teknologi identifikasi sidik jari(fingerprint) merupakan sebuah teknologi keamanan yang memiliki tinggkat keamanan yang tinggi. Sidik jari adalah salah satu data pribadi setiap orang, dimana data ini tidak akan sama antara satu dengan yang lain. Dengan menggunakan sidik jari sebagai kunci sebuah sistem keamanan, maka hanya orang tertentu yang dapat mengakses sebuah sistem tersebut, sehingga secara otomatis orang lain yang tidak terdaftar tidak dapat mengaksesnya.

Pada proyek akhir ini, telah dirancang sebuah kunci pintu otomatis yang menggunakan deteksi sidik jari sebagai kunci dari pintu ini. Scanning sidik jari akan dilakukan oleh modul sidik jari(fingetprint) yang kemudian akan dicocokan dengan template yang telah disimpan pada database. Jika terdapat kecocokan, maka modul sidik jari(fingerprint) akan mengirimkan data pada mikrokontroler dan kemudian mikrokontroler akan membuka atau menutup relay, sehingga door lock akan mengunci atau membuka secara otomatis.

Proyek akhir ini telah menghasilkan kunci pintu otomatis yang dapat memberikan tingkat keamanan yang tinggi dengan menggunakan sidik jari sebagai kuncinya sehingga orang yang tidak terdaftar tidak dapat mengaksesnya. Dengan persentase kemampuan kerja dari sepuluh kali percobaan yaitu pada saat kondisi jari kering alat dapat bekerja 100%, pada saat kondisi lembab alat dapat bekerja 100%, dan kondisi jari terdapat goresan kecil alat masih dapat bekerja 100%, sedangkan pada saat kondisi basah alat sulit mendeteksi sidik jari dengan presentase alat dapat bekerja sebanyak 40%.

Kata Kunci : kunci pintu otomatis, sidik jari(fingerprint), modul sidik jari, mikrokontroler, relay, door lock.ABSTRACT: Fingerprint identification technology is a security technology that has high level security. Fingerprints are one of everyone's personal data, where the data will not be equal to one another. By using fingerprints as a key security system, then only certain people can access a system, so that automatically unregistered others cannot access it.

The final project, had been designed an automatic door locks that use fingerprint detection as a key. Fingerprint scanning will be performed by fingerprint module then fingerprint will be matched with templates that had been stored in database. If there are any matches, the fingerprint module will send data to the microcontroller and then the microcontroller will open or close the relay, so the door lock will lock or unlock automatically.

The final project had been resulted an automatic door locks that can provide a high level of security by using fingerprint as key so that people who were not registered cannot access it. With the percentage of working capability from ten experiments when finger in dry condition the device can work 100%, when finger in humid condition the device can work 100%, and when finger has small scratches the device can work 100%, whereas, finger in wet condition the device was difficult to detect fingerprint with percentage 40%.

Keyword: Automatic look door, fingerprint, fingerprint module, microcontroller, relay, door lock.

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

Perancangan dan Implementasi Kunci Pintu Otomatis dengan Fingerprint Berbasis Mikrokontroler
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Anggidhira Widyananda
Perorangan
Unang Sunarya, Sugondo Hadiyoso
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini