PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB UNTUK KEPENTINGAN SEKOLAH SMP NEGERI 2 TANJUNGPANDAN

IAN GUMILANG

Informasi Dasar

611100021
629.8
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Guru merupakan tulang punggung untuk masa depan anak didiknya dan sosok yang mampu memecahkan berbagai permasalahan yang timbul di lingkungan sekolah. Seiring perkembangan teknologi pada saat ini seorang guru diharuskan mampu memanfaatkan itu untuk mengatasi berbagai permasalahan di lingkungan sekolah. Contoh dari sekian banyak masalah yang sering sekali muncul adalah hilangnya berkas - berkas nilai anak didik yang terkadang diakibatkan oleh kelalaian dan ketidaksengajaan seorang guru, pengaturan jadwal yang mengakibatkan bentrok antar masing - masing guru, ini biasanya dialami pada saat pemakaian laboratorium. Oleh karena itu diperlukan cara untuk menangani masalah ini dan memikirkan metode - metode lain yang bisa memicu anak didik untuk bekerja lebih giat dengan teknik yang mungkin berbeda dengan biasanya. Pengenalan sisfo adalah salah satu cara terbaik untuk diterapkan di lingkungan sekolah untuk permasalahan ini. SMP NEGERI 2 TANJUNGPANDAN merupakan lokasi yang menjadi lokasi pengimplementasian pengenalan SISFO ini.

Akan dirancang sebuah aplikasi berbasis web yang akan membantu para guru - guru di sekolah SMP NEGERI 2 tanjungpandan bangka belitung untuk merekap nilai , mempublikasikannya, mengatur jadwal pengajaran sekaligus penggunaan laboratorium dan pengimplementasian aplikasi perpustakaan untuk pencarian katalog. Proses perancangan website ini dimulai dengan menggunakan sebuah komputer yang nantinya akan dijadikan sebagai server. Dan tahap selanjutnya adalah pembuatan website dengan menggunakan software XAMPP sebagai web server dan notepad++ sebagai script editor.

Dengan adanya aplikasi di website ini permasalahan terhadap sistem perekapan penilaian dan membantu pekerjaan guru - guru di SMP NEGERI 2 Tanjungpandan dalam mengatur jadwal, pencarian katalog perpustakaan dan juga sistem penerimaan siswa baru dapat dilakukan dengan mudah .Kata Kunci : Sisfo, XAMPP, Edukasi, Web ProgrammingABSTRACT: Teachers are students future backbone and a guidance who can resolve many problems that often turn up in school. Along with technology growth nowadays, a teacher should take an advantage of that to resolve problems in school. For an example, lost grading paper that often happened because of teachers fault, time study scheduling that messed up causing teachers cannot teach as it should be, it often happened when a teacher want to use a laboratory. Because of that reason there is to be some way to resolve that problem and thinking about another method so the students can learn quickly with different technique. An introduction of this information system is one of the best way to implement it in school to resolve many problems. Tanjungpandan 2 Junior High School is the place where this information system will be implemented.

Will be designed a web - based application that gonna help teachers in Tanjungpandan 2 Junior Hig h School to grading score, publish it, setting time study schedule at once time study fo laboratory too, and implementation for library searching application. Designing process of this implementation start with a computer that gonna be used as a server. Th e next step is to create a website using XAMPP software as a web server and notepad++ as a script editor.

With the help of an applications in this website hopefully can resolve grading score problem and help teachers in Tanjungpandan 2 Junior High School to scheduling time study, searching for a book in library and also new students recruitment.

Keyword: Information System, XAMPP, Education, Web Programming

Subjek

Otomation
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB UNTUK KEPENTINGAN SEKOLAH SMP NEGERI 2 TANJUNGPANDAN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IAN GUMILANG
Perorangan
Purba Daru Kusuma, DRA.HERMA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini