PERANCANGAN DAN REALISASI MUATAN ROKET UNTUK PENGINDERAAN DINAMIK ROKET, PENGAMBILAN DAN PENGIRIMAN DATA SURVEILLANCE

Atras Susilotomo

Informasi Dasar

611100038
621.382 16
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Muatan roket ( payload ) adalah substansi yang dibawa di dalam roket, dapat sebagai payload pengindera dinamik roket itu sendiri atau sebagai misi tertentu seperti untuk penginderaan dan pengambilan data dari angkasa baik untuk keperluan meteorologi, militer dan sebagainya. Teknologi tentang muatan roket itu sendiri di Indonesia masih sedang berkembang yang di dalam pengembangannya dimotori oleh Lem baga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN). Atas dasar itu maka dibuatlah sebuah rancang bangun payload roket yang nantinya dapat digunakan untuk pengambilan data dari angkasa dan dapat mengirimkan hasilnya ke sebuah ground segment di bumi

Sistem ker ja dari muatan roket ini sendiri adalah dengan menggunakan sensor CMPS10 untuk monitoring attitude roket dan menggunakan sistem kamera wireless untuk pengambilan data video realtime dari udara. Data dari sensor tersebut dan data video dari kamera wireless dikirimkan melalui perangkat transmitter yang berbeda ke ground segment .

Berdasarkan sistem kerja tersebut, telah dihasilkan sebuah payload roket yang dapat mengirimkan data monitoring roket dari sensor CMPS10 ke ground segment hingga jarak 17,75 meter p ada kondisi LOS ( Line Of Sight ) atau tanpa penghalang dan 12 meter pada kondisi ada penghalang NLOS ( Non Line Of Sight ). Selain itu payload juga berhasil mengirimkan video pengamatan / surveillance pada kondisi LOS hingga jarak 100 meter dan 5 meter pada k ondisi NLOS. Kualitas terbaik untuk video didapatkan pada jarak 20 meter pada kondisi LOS sedangkan lebih dari itu kualitas video menurun hingga akhirnya tidak dapat diterima lagi oleh grond segment pada jarak di atas 100 meter.Kata Kunci : payload , surveillance, telemetri, ground segment, LAPAN, muatan roketABSTRACT: Rocket payload is a substance carried by rockets, the function may vary, it could be functioned as the rocket’s dynamic sensing or for specific mission like meteorology, military, or other usage. The development of rocket payload technology in Indonesia is driven by National Institute of Aerospace and Space ( Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional / LAPAN) . Based on that fact, the design of the rocket payload was made. The payload is able to take data from space and then transmit it to the ground segment located in the earth.

The payload works by using sensor to record the attitude of the rocket and recording real - time video recording of the fli ght. After that, data from the sensor and video from the camera sent to the ground segment using different transmitter.

Based on the system, has generated a rocket payload that can transmit data from sensors monitoring CMPS10 rocket to the ground segment to a distance of 17.75 meters at the condition of LOS (Line Of Sight) or without barrier and 12 meters on the existing conditions of the barrier NLOS (Non Line of Sight). Additionally payload also managed to send video observation / surveillance in LOS co nditions up to a distance of 100 meters and 5 meters in NLOS conditions. To obtain the best quality video at a distance of 20 meters in LOS conditions, while over the video quality decreases until it is no longer acceptable by grond segment at a distance o f 100 meters.

Keyword: payload, surveillance, telemetr y , ground segment, LAPAN, rocket payload

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

PERANCANGAN DAN REALISASI MUATAN ROKET UNTUK PENGINDERAAN DINAMIK ROKET, PENGAMBILAN DAN PENGIRIMAN DATA SURVEILLANCE
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Atras Susilotomo
Perorangan
Mas Sarwoko Suraatmadja, Unang Sunarya
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini