PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI BLOK PERANGKAT RF UNTUK JAMMER GSM 900, 1800 MHz DAN CDMA 800 MHz

ABDUL AZIZ

Informasi Dasar

611100061
621.382 16
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Penggunaan handhone pada masa kini semakin meningkat. Hal ini dikarenakan sifat handphone yang portable dan bentuknya yang semakin kecil sehingga mudah untuk dibawa berpergian,. Akan tetapi penggunaan handphone di di beberapa tempat seperti tempat ibadah, ruang rapat serta ruang belajar-mengajr merupakan hal yang mengganggu, karena suara nada dering handphone bisa mengganggu konsentrasi atau kehusyukan ibadah khalayak yang ada di tempat – tempat tersebut. Pada tempat-tempat tersebut biasanya ada sebuah peringatan bahwa penggunaan dan pengaktifan handphone untuk sementara dilarang. Namun masih banyak orang yang tidak mengindahkan atau lupa terhadap peringatan tersebut.

Untuk itulah diperlukan suatu alat untuk menghalangi sinyal pada telepon genggam sehingga sistem komunikasi antara handphone dan BTS terganggu yang mengakibatkan handphone menerima atau membuat suatu panggilan. Alat ini yaitu Jammer, sebuah alat yang berfungsi untuk mengacaukan dan menghalangi sinyal/gelombang elektromagnetik yang ada pada telepon genggam. Alat ini bekerja di frekuensi 900 dan 1800 MHz pada GSM serta 800 MHz pada CDMA dan di atur menyala selama masa sholat. Jammer ini terdiri dari 2 modul utama yaitu blok perangkat IF , blok perangkat RF , dan antena. Pada proyek akhir kali ini saya akan membuat blok perangkat RF. Blok perangkat RF ini terdiri dari VCO, Penguat RF dan Antena.

Setelah dilakukan perancangan desain jammer GSM 900, 1800 MHz dan CDMA 800 MHz didapatkan bahwa daya jangkauan dari alat ini 10 meter. Tetapi setelah dilakukan pengujian didapatkan daya jangkauan terjauh hanya 4 meter. Hal ini disebabkan oleh salah satu perangkat pada Blok perangkat RF yaitu penguat RF mengalami short antara input DC dengan ground sehingga membuat daya output dari Blok perangkat RF tersebut tidak bisa maksimal.Kata Kunci : Kata Kunci : GSM, CDMA, JammerABSTRACT: The use of Handhone at present is increasing. This is due to the portable nature of the mobile phone and the smaller shape making it easy to carry travel,. However, the use of mobile phones on in some places such as places of worship, boardrooms and classrooms is disturbing, because of the ringing tone phone can interfere with concentration or worship audience is in place - the place. At these places there is usually a warning that the use of mobile phones and activation temporarily banned. But there are still many people who do not heed the warnings or forget it.

For that we need a tool to block the cell phone signals so that the communication system between mobile phones and mobile phone base stations resulting in impaired receive or make a call. This tool is Jammer, a device that serves to disrupt and block the signal / electromagnetic waves that exist on the cell phone. This tool works on frequencies 900 and 1800 MHz on GSM and CDMA 800 MHz and in the set lit during prayers. Jammer consists of two main modules, namely a block IF stage, stage RF, and antenna. At the end of the project this time I will make a block device RF stage. At this Final Project I will make a block device of RF . This RF block consists of VCO, RF amplifiers and antennas.

After designing the jammer GSM 900, 1800 MHz and CDMA 800 MHz showed that the range of the instrument 10 meters. But after testing found the farthest reach of only 4 meters. It is caused by one of the devices on the RF amplifier block RF devices have short between the DC input power to the ground so as to make the output of the RF block device can not be maximal.Keyword: Keyword : GSM, CDMA, Jammer

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI BLOK PERANGKAT RF UNTUK JAMMER GSM 900, 1800 MHz DAN CDMA 800 MHz
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ABDUL AZIZ
Perorangan
Budi Prasetya, Elan Djaelani Ir .
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini