PERANCANGAN DAN REALISASI BARCODE SCANNER DENGAN INTERFACE SUARA UNTUK TUNA NETRA BERBASIS ANDROID

Anna Siwi Ramadhani

Informasi Dasar

611104102
005.1
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Panca indera merupakan bagian terpenting dari tubuh manusia. Jika salah satu dari bagian tersebut tidak berfungsi sebagaimana mestinya maka olah gerak manusia akan menjadi terhambat. Namun pada kenyataanya, tidak semua manusia diberikan anugerah panca indera yang sempurna. Salah satunya adalah tuna netra. Penderita tuna netra tidak memiliki kemampuan untuk melihat benda. Hal ini membuat para tuna netra tidak dapat menjalankan aktifitas seperti khalayak umum. Namun tunanetra memiliki kemampuan yang lebih dengan indera yang lain untuk membantu mengetahui sesuatu. Indera yang biasa menonjol pada tunenetra adalah indra pendengaran. Berdasarkan hal tersebut, penulis ingin membuat sebuah aplikasi yang menghasilkan suara. Untuk membantu penderita tuna netra mengetahui informasi mengenai harga sebuah produk saat berbelanja, maka penulis akan membuat alat berupa scanner barcode dengan interface suara.

Scanner barcode ini menggunakan teknologi berbasis android. Pertama saat pengguna membuka aplikasi secara otomatis kamera dan sistem scanner barcode akan terbuka. Kemudian setelah pengguna menemukan letak barcode dan menfotonya, maka secara otomatis sistem akan mencari kode tersebut ke database. Setelah data ditemukan maka sistem akan mendownload rekaman suara yang sesuai dan memainkanya di handphone pengguna. Sehingga pengguna dapat mendengar informasi yang telah discan.

Hasil pembuatan proyek akhir ini berupa scanner barcode yang dapat digunakan untuk membantu tunanetra dalam mengidentifikasi suatu produk karena keluaranya berupa suara. Scanner ini dapat digunakan pada posisi sudut 0° sampai ± 15° dan ±165° sampai 180° untuk posisi terbalik. Untuk jarak pengambilan terdekat adalah ketika seluruh badan barcode masuk ke dalam kamera sedangkan jarak terjauh tergantung pada dimensi dari barcode itu sendiri. Berdasarkan perhitungan di lapangan, tingkat akurasi alat ini adalah 92%. Sedangkan 8% kegagalan dikarenakan jaringan yang kurang bagus yaitu jaringan edge.Kata Kunci : Android, Scanner, Barcode, Interface suaraABSTRACT: Five senses is an important part of body. If there is one of part which can’t do the fungtion well, It will make people slow. Actually, Not all of people have a perfact body. One of them is blind people. They can’t see everything. It makes them can not do everything alone. But they have another ability to do something, especially their ears. Based on that fact, I want to make an application that can produce voice. For helping blind people know information price of product, I will make barcode scanner with voice interface.

This barcode scanner is based on andorid. First of all, when users open the application, camera and scanner will be opened automaticlly. Then, after finding the barcode and capturing it, system will search the database automaticlly. When data is found, system will download voice recorder based in barcode data and play it on user’s handphone. So, user can hear the information of the product.

The result from this final project is scanner barcode which can be used to help blind people indentify a product by the voice recorder. Scanner can be used in 0° until ± 15° and ±165° until 180° for the opposite position. The nearest product canbe captured when all the body of barcode fits in camera. Besides, the longest distance which can be captured, it depends on the barcode dimention. Based on reality, accuration of this application is 92%. Then, 8% failed because of mobile network in edge area.Keyword: Android, Scanner, Barcode, Voice Interface

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

PERANCANGAN DAN REALISASI BARCODE SCANNER DENGAN INTERFACE SUARA UNTUK TUNA NETRA BERBASIS ANDROID
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Anna Siwi Ramadhani
Perorangan
Asep Mulyana, Dei Madya Saputri
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini