Realisasi Timbangan Gula Digital Berbasis Mikrokontroler Atmega

ARIF FIRMANSYAH

Informasi Dasar

611104112
621.381
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Pembelian gula dengan pas takaran ¼ kg, ½ kg atau 1 kg yang ada pada pasar dapat merepotkan dalam penimbangan berat. Karena pedagang harus mencocokan berat gula pada timbang analog yang tepat presisi. Selain itu pembeli juga harus menyiapkan uang dengan jumlah yang ditentukan untuk mendapatkan gula tersebut.

Hal tersebut dapat diminimalisir dengan mengautomatisasi penimbangan gula dengan menggunakan indikator digital berbasis mikrokontroler ATMEGA. Pada prinsipnya timbangan digital yang terdapat sensor berat disetting ulang pada program mikrokontroler ATMEGA. Dengan default awal menggunakan satuan berat ons/rupiah. Indikator yang digunakan adalah berat gula yang menunjukan nilai harga berat gula tersebut pada LCD. Mikrokontroler ATMEGA akan mengaktifkan motor servo yang akan menutup jalur keluar gula dari penampung gula menuju timbangan. Sehingga gula yang didapat senilai harga berat yang kita inginkan.

Dalam pengerjaannya Proyek Akhir ini telah berhasil mencapai tujuan yang diinginkan. Yaitu terealisasinya timbangan gula digital berbasis mikrokontroler ATMEGA. Dengan didapat bahwa keluaran tegangan loadcell bekelipatan 0.1 mV sehingga diperlukan Penguatan sebesar 1000 kali sehinga kelipatan tegangan adalah 100mV untuk di ADC. Motor servo yang berguna sebagai penutup tidak akurat terhadap berat yang diinginkan. Menurut hipotesa yang ada karena penguatan tidak stabil sehingga berpengaruh pada perintah ADC mikrokontroler atmega16.Kata Kunci : :LCD, mikrokontroler ATMEGA, Motor ServoABSTRACT: Buying Sugar with exactly ¼ kg, ½ kg or 1 kg weight at market can lead to a difficulty in scaling. Because seller must match the weight of sugar on right and precision analog scale. Moreover, seller must prepare a specified money to get that sugar.

This can be minimized by automating the scaling sugar using ATMEGA microcontroller based digital indicator. In principle, digital scales that have weight sensor are set back in Microcontroller ATMEGA program. By using initial default unit of weight ounces/rupiah. Used Indicator is weight of sugar that shows the price value of thar weight of sugar on LCD. Microcontroller ATMEGA will activate servo motors that will close out the path of sugar from container to the scale. So that obtained sugar is worth the price of sugar weight we want.

The process in final project has successfully achieved the goal be realisation the scaling suger using ATMEGA microcontroller. With get loadcell voltage output 0.1mV, so must use amplifier to increas voltages to 100mV for ADC. Servo motors are useful as cover not accurate to the desired weight. According to the hypothesis that there is so unstable due to the strengthening effect on the microcontroller atmega16 ADC command.Keyword: LCD, microcontroller ATMEGA, Servo Motor

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

Realisasi Timbangan Gula Digital Berbasis Mikrokontroler Atmega
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARIF FIRMANSYAH
Perorangan
Hafidudin, Sugondo Hadiyoso
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini