APLIKASI KONFIGURASI KERNEL LINUX DENGAN GUI BERBASIS TCL(TOOL COMMAND LANGUAGE) <br><br>Application for linux kernel configuration with GUI Using Tcl(tool command language)

Ryan Fiesta

Informasi Dasar

613060026
004
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Dalam ilmu komputer, kernel adalah suatu perangkat lunak yang menjadi bagian utama dari sebuah sistem operasi. Tugasnya melayani bermacam program aplikasi untuk mengakses perangkat keras komputer secara aman. Karena akses terhadap perangkat keras terbatas, sedangkan ada lebih dari satu program yang harus dilayani dalam waktu yang bersamaan, maka kernel juga bertugas untuk mengatur kapan dan berapa lama suatu program dapat menggunakan satu bagian perangkat keras tersebut. Untuk menghasilkan suatu konfigurasi kernel yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan user, kompilasi ulang dilakukan untuk mendapatkan konfigurasi kernel linux yang sesuai dengan kebutuhan user,ada 3 aplikasi pengkonfigurasian kernel linux yang digunakan pada saat ini,antara lain make config,make menuconfig,dan make xconfig, semua aplikasi tersebut memiliki karakteristik dan tingkat kesulitan yang berbeda-beda.

Dibutuhkan suatu aplikasi pengkonfigurasian kernel linux dengan antar muka yang lebih userfriendly, sehingga pengkompilasian kernel linux bisa dilakukan dengan lebih mudah, penggunaan wizard dipilih karena wizard merupakan antarmuka yang dinilai paling userfriendly karena target user dari aplikasi ini adalah user linux yang baru menggunakan linux dan belum pernah melakukan kompilasi ulang terhadap kernel linux yang digunakan.

Aplikasi ini adalah aplikasi yang bersifat standalone dan ditulis menggunakan bahasa pemograman TCL(Tool Command language).Kata Kunci : Kernel,GUI,Tcl(tool command language),wizardABSTRACT: In the world of computer science, kernel is a software that become the main part of a Operating System. Its role is to attends many kind of application programs for save hardware accessing. Due to limitation in hardware accessing, meanwhile there are more than one program need to be attended, then kernel also in charge to organizes when and for how long a program can accessing one particular part of hardware. To generate a kernel configuration that suits the user needs and expectations, recompilation is done to obtain Linux kernel configuration that suits the user need, there are 3 Linux kernel configuration application program which used by nowadays users which are make config, make menuconfig, and make xconfig. All those application have different characteristic and different level of difficulties.

Linux kernel configuration application with more user friendly interface is needed, so linux kernel compliation can be done easier. Wizard is used, because it is considered as the most user friendly interface because the target user of this application is linux beginner user and has never done any re compilation toward linux kernel used before.

This aplication is standalone based and whrote by TCL (Tool Command language) programming language.Keyword: Kernel,Gui,Tcl(tool command language)

Subjek

Sistem Komputer dan Jaringan Komputer
 

Katalog

APLIKASI KONFIGURASI KERNEL LINUX DENGAN GUI BERBASIS TCL(TOOL COMMAND LANGUAGE)

Application for linux kernel configuration with GUI Using Tcl(tool command language)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ryan Fiesta
Perorangan
Fazmah Arief Yulianto, Bambang Pudjoatmodjo
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini