ABSTRAKSI: Proyek Akhir ini berisikan perangkat lunak yang memberikan informasi mengenai company profile dari IT Telkom . Adanya penggabungan antara komponen multimedia seperti objek 3, video, dan audio, maka akan menimbulkan sisi ketertarikan tersendiri bagi user sehingga konten informasi dapat lebih tersampaikan. Nantinya produk akhir dari aplikasi ini dapat digunakan untuk memperkenalkan IT Telkom sebagai sebuah institusi pendidikan yang bergerak di bidang ICT sehingga meningkatkan daya jual IT Telkom sebagai sebuah institusi.
Perangkat lunak ini menggunakan Augmented Reality (AR) di mana informasi mengenai IT Telkom ditampilkan secara realtime ke dunia user dengan membaca marker yang telah disediakan dan selanjutnya diterjemahkan menjadi objek tertentu dalam bentuk tiga dimensi ataupun video.
Adanya faktor-faktor dari luar aplikasi, berupa cahaya, ukuran marker, dan kompleksitas struktur marker menjadi kendala yang sangat berpengaruh dalam menampilkan objek tiga dimensi. Pada akhirnya, interaksi antara user dan objek tiga dimensi menjadi terbatasi.Kata Kunci : Augmented Reality, realtime, markerABSTRACT: This final project contains software that provides information on the company profile of IT Telkom. The existence of a merger between multimedia components such as three-dimensional object, video, and audio, will cause its own side of the attraction for users so the information can be conveyed nicely. Later the final product of this application can be used to introduce IT Telkom as an educational institution that engages in ICT thereby increasing the marketability of IT Telkom as an institution.
This software uses Augmented Reality (AR) where information about IT Telkom displayed in realtime to the user's world by reading the marker that has been provided and further translated into specific objects in three-dimensional or video.
The presence of factors outside the application, in the form of light, size marker, marker structure and complexity of the constraints which are very influential in displaying three-dimensional objects. In the end, the interaction between the user and three-dimensional objects to be constrained.Keyword: Augmented Reality, realtime, marker