APLIKASI PEMBELAJARAN TATA BUSANA BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK TINGKAT SMP (Studi kasus SMPN 1 Banjaran)

Farni nur Amalia

Informasi Dasar

134 kali
613080052
005.1
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Tata busana merupakan sebuah mata pelajaran muatan lokal yang diberikan untuk sekolah tingkat menengah pertama (SMP). Mata pelajaran tata busana mempelajari keterampilan tangan yang salah satunya adalah menyulam. Selama ini pelajaran keterampilan menyulam dirasakan sulit karena terkendala keterbatasan alat peraga, keterbatasan jumlah pengajar dan keterbatasan waktu pembelajaran. Sehingga dibutuhkan suatu aplikasi pembelajaran interaktif yang dapat menjelaskan materi dan dapat dipelajari secara madiri oleh siswa.

Aplikasi pembelajaran atau biasa dikenal dengan E-learning merupakan suatu metode pembelajaran jarak jauh yang memanfaatkan tenologi komputer baik yang terhubung ke jaringan internet maupun intranet ataupun dilakukan secara offline berupa CD interaktif. E-learning digunakan untuk membangun suatu proses pembelajaran untuk suatu pembelajaran tertentu baik digunakan oleh individu maupun sebuah organisasi pendidikan seperti sekolah tertentu.

Dalam aplikasi pembelajaran tata busana ini materi pembelajaran akan ditampilkan dalam sebuah produk mutimedia. Suatu produk multimedia yang menggabungkan teks,gambar,suara, animasi atau video sehingga menjadi lebih interaktif dan menarik. Dalam hal ini produk multimedia digunakan untuk menjelaskan mengenai teknik dasar menyulam, alat dan bahan yang digunakan dan cara membuat sulaman.

Dalam membangun aplikasi pembelajaran tata busana berbasis multimedia dilakukan dengan membuat perancangan materi untuk pembelajaran dan perancagan untuk sistem web. Untuk merealisasikan perancangan tersebut dilakukan dengan menggunakan metode waterfall. bahasa pemrograman menggunakan PHP dengan database MySQL. Untuk merealisasikan perancangan materi pembelajaran multimedia yang interaktif digunakan Flash CS4 untuk membuat animasi dan didukung aplikasi multimedia lainnya. Dengan hadirnya aplikasi pembelajaran ini diharapkan dapat menunjang proses pembelajaran tata busana dan dapat memberikan solusi bagi kendala yang dihadapi selama ini.

Kata Kunci : Tata Busana, E-learning, Multimedia InteraktifABSTRACT: Tata Busana is a subject of local content is provided for junior secondary schools (SMP).Subjects learn the skills of fashion that one of them is hand embroidery. During this lesson embroidery skills is difficult because of the perceived limitations of constrained props, the limited number of teaching and learning time limitations. So it takes an interactive learning application that can explain the material and can be studied in madiri by students.

Application of learning or commonly known as E-learning is a method of distance learning that utilizes both computer tenologi connected to the Internet or an intranet network or done offline in the form of an interactive CD. E-learning is used to construct a learning process for a particular lesson best used by individuals as well as an educational organization such as a particular school.

In this Tata Busana the application of learning grammar learning materials will be displayed in a product mutimedia. A multimedia products that combine text, images, sound, animation or video so that it becomes more interactive and interesting. In this case the multimedia product is used to explain the basic techniques of embroidery, tools and materials used and how to make embroidery. In building applications based multimedia learning fashion design is done by making the material for learning and perancagan for web systems. To realize the design is done by using waterfall method. programming language to use PHP with MySQL database To realize the design of an interactive multimedia learning materials used Flash CS4 to create animations and other multimedia applications are supported.With the presence of learning application is expected to support the learning process of fashion and can provide solutions to the obstacles faced during this time.

Keyword: Tata Busana, E-learning, Interactive Multimedia

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

APLIKASI PEMBELAJARAN TATA BUSANA BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK TINGKAT SMP (Studi kasus SMPN 1 Banjaran)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Farni nur Amalia
Perorangan
Hetti Hidayati, Agung Widyangga
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini