Tung : Game Edukasi Pengenalan Lagu Nasional Indonesia Berbasis Platform Android

Natasya Mulyono

Informasi Dasar

613101038
005.1
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Kebudayaan merupakan sebuah aspek yang sangat penting yang menjadi ciri khas sebuah negara. Namun seiring dengan perkembangan zaman dan semakin tingginya globalisasi kebudayaan barat yang masuk ke Indonesia, budaya yang kita miliki pun semakin luntur. Tanpa kita sadari jati diri, nasionalisme dan persatuan bangsa perlahan-lahan mulai terkikis. Bahkan pemuda bangsa sekarang ini lebih menguasai lagu-lagu dari bangsa lain di bandingkan lagu-lagu nasional kebangsaan Indonesia.

Untuk menangani masalah ini, dibangunlah Game mobilephone yang bersifat edukatif dan mencerminkan kebudayaan nasional di Indonesia untuk mengenalkan nasional secara dini dengan cara yang kreatif dan dapat menumbuhkan rasa nasionalisme terhadap negara Indonesia dimana game edukasi ini akan dibuat sesuai dengan perkembangan zaman sehingga penyebaran edukasi ini dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun.

Game ini mengambil tema anak-anak dan kebudayaan Indonesia dengan memainkan lagu-lagu nasional Indonesia. Tujuan dari permainan ini adalah agar pemain mengenal lagu-lagu nasional secara langsung.Kata Kunci : Game, Mobile phone, Edukasi,dan globalisasiABSTRACT: Culture is a very important aspect that characterizes a nation. But in line with the times and the higher the globalization of western culture that enter into Indonesian, the culture that we have, also fading. Without we knowing, identity, nationalism and nation’s unity slowly started to eroded. Even, our youth more know about another country songs than our national anthems.

To solve this issue, we built mobilephone game that has educative aspect and reflects national culture in Indonesia. to introduce national anthem since early age in a creative way and to build nationalism toward Indonesia, where this educational game will be made in accordance with the changing times, so that the spreading of this education can be done anytime and anywhere.

This game takes the theme of children and Indonesian culture by playing Indonesian anthems. The objective of the game is that the player knows national songs directly.Keyword: Game, Mobile phone, Educational, and globalization

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Tung : Game Edukasi Pengenalan Lagu Nasional Indonesia Berbasis Platform Android
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Natasya Mulyono
Perorangan
Hilal Hudan Nuha, Mirza Akhena
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini