SIMULASI DAN ANALISIS KEAMANAN TEKS MENGGUNAKAN METODE STEGANOGRAFI DISCRETE COSINE TRANSFORM (DCT) DAN METODE ENKRIPSI CELLULAR AUTOMATA

Arianto Sirandan

Informasi Dasar

1101100051
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Keamanan suatu pesan rahasia pada saat ini menjadi hal yang sangat penting untuk ditingkatkan, mengingat begitu mudahnya siapa saja untuk mengakses ke jaringan. Oleh karena itu, keamanan pesan rahasia yang dikirimkan harus terjamin kerahasiaannya. Salah satu caranya dengan menggunakan metode steganografi. Steganografi adalah suatu teknik penyembunyian pesan rahasia ke dalam media lain tanpa diketahui orang lain. Pesan rahasia yang dikirimkan dapat berupa text, image, voice maupun video. Untuk media penyembunyian juga dapat berupa text, image, voice maupun video.
Dalam tugas akhir ini dilakukan perancangan sistem dengan menggunakan metode Discrete Cosine Transform dan Cellular Automata. Kedua metode ini digabungkan dan digunakan untuk menyembunyikan suatu pesan rahasia yang berupa text untuk mendapatkan tingkat keamanan yang lebih tinggi. Pada proses awal sistem, pesan disisipkan ke dalam suatu citra cover, setelah itu citra cover tersebut dienkripsi sehingga gambar asli dari citra cover tidak dapat diketahui.
Hasil yang diperoleh dari tugas akhir ini adalah sebuah citra CA yang berupa gambar rusak tetapi memiliki pesan rahasia di dalamnya. Dengan nilai CER tanpa noise pada layer blue yaitu 0% dan pada layer red dan green yaitu 7,98% dan 25,35%. Namun, ketika diberi noise pesan yang disisipkan tidak dapat diekstrak lagi. Dengan demikian, sistem ini dapat berjalan dengan baik jika tidak diberi serangan.
KATA KUNCI: Steganography, 2D Rules, Cellular Automata (CA).ABSTRACT: Security of secret message is becoming an important thing to improve, remember the easiness for everyone to access the network at this time. Because of that, message security that being sent to receiver must be reliable. One of the way for improving the security is using steganography. Steganography is a technique of hiding message from one media to another without being known. A secret message can be text, image, voice or video. The media concealment can also be text, image, voice or video.
This final project is doing system design by using Discrete Cosine Transform and Cellular Automata method. Both of the methods are being combined and used to hide a secret message in the form of text for getting a higher security. In the beginning of the process, the message is being inserted into a cover image, and then the cover image will be encrypted, so the original image of cover image can not be identified.
The result of this final project is a CA image in the form of broken image but still has a secret message in it. The CER value without noise in the blue layer is 0% and in the red and green layer are 7,98% and 25,35%. But, when the image is given noise, the secret message can not be extracted anymore. It can be concluded that this system will work well if the CA image is not given attack.
KEYWORD: Steganography, 2D Rules, Cellular Automata (CA).

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

SIMULASI DAN ANALISIS KEAMANAN TEKS MENGGUNAKAN METODE STEGANOGRAFI DISCRETE COSINE TRANSFORM (DCT) DAN METODE ENKRIPSI CELLULAR AUTOMATA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Arianto Sirandan
Perorangan
Rita Magdalena , Nur Andini
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini