ABSTRAKSI: Cloud computing sangat berkembang akhir - akhir ini sebagai software sebagai layanan (SaaS), platform sebagai layanan (PaaS) maupun infrastuktur sebagai layanan (IaaS). Menonton video, mendengarkan music, maupun bermain game dapat kita lakukan tanpa kita harus memiliki infrastruktur yang memenuhi untuk melakukan semua itu berkat adanya cloud computing . Ga me sebagai layanan (GaaS) adalah sebuah layanan cloud computing yang merupakan pengembangan dari Infrastruktur sebagai layanan pada model layanan cloud computing .
Pada Tugas Akhir ini diimplementasikan sebuah game sebagai layanan cloud gaming server menggunakan open - source GamingAnywhere yang diakses oleh sebuah atau beberapa client melalui jaringan lokal kabel ( Ethernet ) atau jaringan lokal nirkabel (WLAN). Server melakukan capture terhadap frame audio dan frame video kemudian dikodekan dan dikirimkan kepada client. Setelah client mendapatkan frame A/V, client akan mengdekodekan frame - frame yang diterima sehingga user bi sa bermain dan melakukan input control . Control dari client yang merupakan input dari keyboard, mouse, maupun joystick dari user akan di transmisikan ke server cloud . Untuk mendapatkan performa dari sistem cloud game yang diimplementasikan ini, dilakukan pengujian dengan tiga jenis game dan beberapa skenario pengujian serta dilakukan pengujian Quality of Experience (QoE).
Bermain game dengan menggunakan server render terbukti lebih efisien dalam penggunaan resource seperti CPU, RAM dan GPU. Untuk penggunaa n CPU hanya digunakan maksimal 25%, untuk RAM maksimal 150 MB, GPU Memory maksimal 65 MB, GPU Usage dibawah 20% dan didapatkan frame rate diatas 25 fps.KATA KUNCI: GamingAnywhere, GaaS, Cloud computingABSTRACT: Cloud computing had been developing l ately as software as a service (SaaS), platform as a service (PaaS) and infrastructure as a service (IaaS). Watching videos, listening to music, even playing game can be done without having a required infrastructure thanks to cloud computing. Game as a ser vice (GaaS) is an developed cloud computing model based on infrastructure as a service model.
On this final project, game as a service cloud gaming server implemented using open - source GamingAnywhere accessed by single or multi user by wire local network ( Ethernet ) or wireless local network (WLAN). Server capture the audio and video frame from the game then encode those frame and deliver those frame to the client. After the client receive the A/V frame, client will decode received frame so the user could play the game and input the control. Control from client is some inputs from keyboard, mouse and joystick will be transmitted to the server cloud. To obtain implemented cloud game system performance, some experiment conducted using three kinds of game and some scenarios along with Quality of Experience experiment to some respondent.
Playing game using server render proved more efficient on resource usage compared playing game using self - render as CPU, RAM and GPU. On CPU Usage just used maximal 25%, on RA M maximal 150 MBs, GPU Memory maximal 65 MBs, GPU Usage below 20% and 25 fps on frame rate.KEYWORD: GamingAnywhere, GaaS, Cloud computing