Laporan tugas akhir ini berjudul “Perancangan Media Informasi Batik Sasambo Di Kota Mataram“. Objek penelitian dalam laporan tugas akhir ini adalah tentang permasalahan kurangnya kesadaran masyarakat di Kota Mataram akan kebudayaannya, salah satunya adalah batik Sasambo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyadarkan dan membuka pikiran masyarakat yang ada di Kota Mataram akan kesadarannya terhadap kebudayaannya sendiri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Maka solusi atas permasalahan tersebut adalah dengan membuat perancangan media informasi batik Sasambo di Kota Mataram. Agar media informasi ini dapat diterima dengan baik oleh masyarakat yang ada di Kota Mataram, maka dilakukan upaya promosi dengan menggunakan strategi promosi AISAS. Digunakan AISAS dalam strategi promosi media informasi batik Sasambo tersebut berdasarkan pada hasil analisis dan perkembangan zaman saat ini. Adapun media-media yang digunakan untuk melakukan promosi tersebut adalah buku sebagai media utama, dan sebagai media pendukungnya adalah packaging, pembatas buku, wobbler, billboard, poster, flyer, iklan koran, iklan majalah, media sosial, website, web banner, x-banner. Jadi melalui penggunaan strategi tersebut diharapkan perancangan media informasi ini akan efektif.
Kata kunci : Kebudayaan, batik Sasambo, Kota Mataram, media informasi, AISAS.