ABSTRAK
Penyu Hijau (Chelonia Mydas) merupakan salah satu dari enam jenis penyu yang ada di Indonesia. Keberadaannya kini terancam kepunahan, penyebabnya adalah baik dari alam maupun kegiatan manusia yang membahayakan populasinya secara langsung maupun tidak langsung. Kondisi inilah yang menyebabkan penyu hijau diberikan status dilindungi oleh pemerintah. Kurangnya pengetahuan masyarakat menjadi salah satu faktor utama keberlangsungan hidup penyu hijau. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah menemukan solusi bagaimana cara memberikan pengetahuan kepada masyarakat. Pengetahuan tersebut dimulai dengan memberikan pembelajaran sejak anak-anak karena mereka masih mempunyai daya ingat yang cukup tinggi dan juga karena merekalah generasi penerus bangsa. Dalam penelitian ini, dilakukan berbagai cara pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, kuesioner dan studi pustaka. Setelah itu, dilakukan analisis menggunakan analisis SWOT untuk menentukan strategi dalam perancangan. Berdasarkan dari hasil analisis SWOT, ternyata media yang dibutuhkan dalam upaya pelestarian Penyu Hijau adalah media edukasi berbasiskan multimedia interaktif dalam bentuk game.
Kata Kunci : Penyu Hijau, Pembelajaran, Game, Anak-anak
ABSTRACT
Green turtle (Chelonia mydas) is one of six species of sea turtles in Indonesia. Its existence is now threatened with extinction, the cause is either natural or human activities that endanger the population directly or indirectly. This condition causes the green turtle granted protected status by the government. Lack of knowledge of the community to be one of the main factors the survival of green turtles. Therefore, the purpose of this research is to find solutions on how to impart knowledge to the community. The knowledge begins by providing learning since children because they still have a high enough memory and also because they are the future generation. In this study, carried out various ways of collecting data by observation, interviews, questionnaires and literature. After that, an analysis using the SWOT analysis to determine a strategy in the design. Based on the results of the SWOT analysis, the media turns required in the effort to preserve the Green Turtle is an interactive multimedia-based educational media in the form of games.
Keywords: Green Turtle, Education, Games, Kids