Laporan tugas akhir ini berjudul “Promosi Bandar Wisata Islami Di Kota Banda Aceh“. Objek penelitian dalam laporan tugas akhir ini adalah tentang kepariwisataan yang ada di kota Banda Aceh khususnya tentang promosi bandar wisata Islami yang menjadi program pemerintah kota Banda Aceh, dikarenakan ketidak stabilan volume wisatawan nusantara dan mancanegara per tahun. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan volume wisatawan yang berkunjung ke kota Banda Aceh. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan kuesioner. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Maka solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan membuat perancangan strategi promosi yang efektif dan efisien di kota Banda Aceh, penulis melakukan upaya promosi dengan menggunakan berbagai macam media berdasarkan strategi yang digunakan yaitu AISAS. Penulis menggunakan AISAS berdasarkan analisis dan perkembangan zaman saat ini, strategi yang penulis gunakan ialah menjadikan bandar wisata Islami sebagai trand topik, dengan memanfaatkan target audience itu sendiri sebagai sarana promosi (world of moth),dengan memanfaatkan event peringatan 10 tahun tsunami sebagai pemancing minat khalayak umum datang ke kota Banda Aceh, dengan media utama booklet dan peta pariwisata, dan media pendukung yaitu booth event, flayer, pin, t-shirt, iklan cetak (majalah, koran), billboar, wall light box, serta jejaring sosial, yang bertujuan mendekatkan brand terhadap target audience serta mendirek target audience menuju media informasi yang lebih lengkap yaitu website resmi tentang pariwisata yang ada di kota Banda Aceh. Dengan menggunakan strategi tersebut diharapkan perancangan media informasi ini akan efektif.
Kata Kunci :
Pariwisata, Banda Aceh, bandar wisata Islami.