Analisis dan Implementasi User Interface Aplikasi Pengenalan Hewan sebagai Media Interaktif Pembelajaran untuk Pendidikan Anak Usia Dini Dengan Teknologi Augmented Reality Menggunakan Metode Child Centered Design

SETYONO DWI UTOMO

Informasi Dasar

17.04.2284
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Anak usia dini merupakan usia paling efektif untuk menentukan masa depan anak. Pembelajaran pengenalan hewan dapat mengembangkan beberapa aspek perkembangan anak diantaranya perkembangan kognitif, perkembangan fisik motorik, perkembangan bahasa, dan seni. Permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran tentang hewan ialah anak tidak bisa membayangkan atau memvisualisasikan bentuk, gerakan, dan suara hewan. Adapun solusi dari pengajar yaitu pembelajaran pengenalan hewan dengan menggunakan buku bergambar hewan, alat peraga, video tentang hewan, dan berkunjung ke kebun binatang. Namun hal tersebut masih ditemukan kekurangan yaitu, tidak semua anak dapat memahami materi dengan buku bergambar, alat peraga mahal dan tidak lengkap, dan juga mahalnya biaya untuk mengunjungi kebun binatang. Oleh karena itu dibutuhkan media pembelajaran lain nya seperti aplikasi smartphone. Solusi yang dimaksud adalah aplikasi Pengenalan Hewan sebagai Media Interaktif Pembelajaran untuk Pendidikan Anak Usia Dini Dengan Teknologi Augmented Reality. Pendekatan yang dilakukan untuk perancangan prototype aplikasi tersebut dengan menggunakan metode Child Centered Design sesuai dengan pengalaman dan kebutuhan pengguna, sebagai tambahan dalam belajarnya. Metode ini merupakan metode yang melibatkan secara langsung pengguna anak dalam percangan desainnya. Setelah desain user interface berhasil dirancang kemudian akan dijadikan prototipe yang dapat berjalan pada platform Android. Prototype diuji tingkat usability nya menggunakan QUIM. Hasil pengujian prototype mendapatkan nilai dengan presentase 94% sehingga dapat dikatakan tingkat usability dari aplikasi belajar mengenal hewan sudah sesuai dengan karakteristik anak usia dini. Kata Kunci : Pendidikan Anak Usia Dini, Pengenalan hewan, Child Centered Design (CCD).

Subjek

USER INTERFACES
 

Katalog

Analisis dan Implementasi User Interface Aplikasi Pengenalan Hewan sebagai Media Interaktif Pembelajaran untuk Pendidikan Anak Usia Dini Dengan Teknologi Augmented Reality Menggunakan Metode Child Centered Design
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SETYONO DWI UTOMO
Perorangan
Veronikha Effendy, Dawam Dwi Jatmiko
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

  • CS2163 - INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
  • CSH4163 - DESAIN INTERAKSI

Flipbook

anda harus log in untuk mengakses flippingbook

Lainnya

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini