Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional terhadap Stres Kerja Karyawan (Studi pada PT TRISCO TAM Soreang di Bagian Produksi)

ASYA AZHAR FATHINA

Informasi Dasar

19.04.1304
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini dilakukan pada PT TRISCO TAM Soreang merupakan salah satu perusahaan di bidang industry garment yangsetiap harinya memilki pencapaian target produksi yang tinggi. Hal tersebut membutuhkan pengelolaan sumber daya manusia yang baik agar perusahaan dapat mencapai visi dan misi. Salah satu yang dapat menghambat tercapainya tujuan perusahaan adalah stres kerja karyawan seperti beban kerja berlebihan. Peran pemimpin sangat diperlukan untuk memberikan arahan dan dorongan kepada karyawan dalam mencapai target perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan gaya kepemimpinan transformasional, tingkat stres kerja karyawan dan pengaruh gaya kepemimpinan transformasional terhadap stres kerja karyawan pada PT TRISCO TAM Soreang di Bagian Produksi. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif dan kausal. Metode pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 220 responden. Kuesioner yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari 30 pernyataan. Dalam menjelaskan hasil penelitian, teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis linear sederhana, uji hipotesismenggunakan uji (t), dan koefisien determinasi. Penilaian karyawan terhadap kepemimpinan transformasional termasuk dalam kategori kuat yaitu perilaku pimpinan yang mempengaruhi secara idealis dan stres kerja termasuk dalam kategori rendah artinya karyawan tidak merasakan stres yang berlebih. Hasil dari pengolahan data menunjukan bahwa uji hipotesis menunjukan H1 diterima artinya bahwa gaya kepemimpinan transformasional berpengaruh signifikan negatif terhadap stres kerja karyawan pada PT TRISCO TAM khususnya bagian produksi. Pada uji koefisien determinasi dengan nilai R square sebesar 0,167. Hal ini menunjukkan bahwa besar pengaruh gaya kepemimpinan transformasional terhadap stres kerja adalah sebesar 16,7% sedangkan sisanya 83,3% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan Transformasional, Stres Kerja

Subjek

Human resources
 

Katalog

Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional terhadap Stres Kerja Karyawan (Studi pada PT TRISCO TAM Soreang di Bagian Produksi)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ASYA AZHAR FATHINA
Perorangan
FETTY POERWITA SARY
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini