PERANCANGAN BUSINESS MODEL UNTUK PT. INTI MENGGUNAKAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS (Studi Kasus Pada Produk Smart Light)

MUHAMMAD DHIYAFATHUL IHSAN

Informasi Dasar

19.04.2722
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) atau disingkat INTI adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang telekomunikasi yang selama lebih dari 3 dasawarsa berperan sebagai pemasok utama pembangunan jaringan telepon nasional yang diselenggarakan oleh PT Telkom Indonesia Tbk dan PT Indosat Tbk. Pada tahun ini PT INTI berencana akan menjual salah satu produk berbasis internet of things yang bernama smart light. Melihat rencana PT INTI yang pada tahun ini akan memasarkan produknya maka diperlukan sebuah business model yang cocok untuk digunakan oleh PT INTI dalam menjual produk smart light tersebut. Business model canvas merupakan alat bantu yang digunakan dalam memetakan sembilan blok elemen yang terhubung dengan PT INTI. Sembilan blok elemen yang ada pada business model canvas adalah value propositions, customer segments, customer relationships, channels, revenue streams, cost structure, key activities, key partnerships, dan key resources. Sembilan blok elemen tersebut didapat setelah mengolah data yang diambil dari wawancara dengan informan PT INTI. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data kualitatif, kemudian jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Hasil menunjukkan bahwa customer segment PT INTI adalah fokus kepada instansi pemerintahan, channels yang digunakan melalui direct marketing dan intermediary, key partnership dari penjualan smart light ini adalah DMT, sharp, dan vendor LED, Key Activities yang dilakukan adalah meeting dengan calon customer, pembelian komponen LED, perakitan komponen LED, pemasangan konfigurasi sistem, dan uji coba produk. Lalu untuk key resources adalah engineer, finance, dan gedung pusat teknologi untuk memproduksi smart light, revenue stream berasal dari instalasi pemasangan, maintenance, dan penjualan produk. Dan terakhir cost structure dari penjualan smart light adalah Maintenance, marketing, pengembangan software, pajak, instalasi pemasangan, dan produksi.

Kata kunci : Business Model Canvas, Business models, Manajemen Strategi

Subjek

STRATEGIC MANAGEMENT
 

Katalog

PERANCANGAN BUSINESS MODEL UNTUK PT. INTI MENGGUNAKAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS (Studi Kasus Pada Produk Smart Light)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD DHIYAFATHUL IHSAN
Perorangan
Dodie Tricahyono
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini