PERANCANGAN VISUAL ENVIRONMENT DALAM FILM PENDEK ANIMASI 2D “FAME” SEBAGAI UPAYA DALAM MENYADARKAN DAMPAK MEDIA SOSIAL

MUHAMMAD FARIZ DIANSYAH

Informasi Dasar

19.04.3512
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Muhammad Fariz Diansyah. 2019. Perancangan Desain Environment dalam Animasi Pendek 2D “FAME” Sebagai Upaya Dalam Menyadarkan Dampak Sosial Media. Tugas Akhir. Program Studi Desain Komunikasi Visual. Fakultas Industri Kreatif. Universitas Telkom.

Masa Remaja merupakan masa yang penting dalam pencarian jati diri atau identitas. Masa Transisi dari remaja hingga dewasa sangat rentang terpengaruhi oleh kemajuan teknologi dan informasi dalam berbagai aspek kehidupan, khususnya remaja umur 15-18 tahun. Salah satu bentuk kemajuan teknologi yang sangat mempengaruhinya yaitu munculnya fitur media sosial bernama Instagram Story. Instagram story adalah salah satu dari beberapa fitur sharing instagram dalam pergaulan online instragram yang bersifat Real-Time Activity dan terhapus dalam waktu 24 jam. Seiring waktu tujuan penggunaan fitur tersebut meluas hingga media eksistensi diri, mendapatkan informasi, hiburan dan lainnya. Jumlah following yang mempengaruhi langsung jumlah story yang ada di dalam home feed. Melalui fitur Story inilah berbagai informasi gaya hidup secara tidak langsung mempengaruhi aktivitas remaja yang tengah mencari jati diri. Maka dari itu, dibutuhkannya sebuah Film Pendek yang memvisualkan dampak-dampak yang dihasilkan dari fitur Instagram story tersebut. Dari lingkungan aktivitas, hingga lokasi Hangout. Perancangan Background & Environment Animasi 2 dimensi bertujuan memvisualkan lokasi serta lingkungan aktivitas remaja yang aktivitasnya dipengaruhi oleh Instagram-story. Metode perancangan dilakukan secara bertahap dimulai dari pengumpulan data (studi pustaka, observasi, dan wawancara), kemudian data-data dianalisis menggunakan pendeatan kualitatif. Hasil analisis data didapatkan bahwa karakteristik umum tervisualkan dari penataan lingkungan kamar tidur dan lokasi unggahan remaja di Instagram. Sehingga remaja kota bandung dapat mengidentifikasikan bahwa latar lingkungan animasi kita merupakan cerminan lokasi aktivitas remaja Kota Bandung. Kata Kunci : Instagram, Instastory, Remaja, Latar, Lingkungan, Bandung, Animasi.

Subjek

MULTIMEDIA
 

Katalog

PERANCANGAN VISUAL ENVIRONMENT DALAM FILM PENDEK ANIMASI 2D “FAME” SEBAGAI UPAYA DALAM MENYADARKAN DAMPAK MEDIA SOSIAL
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD FARIZ DIANSYAH
Perorangan
MUHAMMAD ISKANDAR
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Desain Komunikasi Visual
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini