Candi adalah salah satu peninggalan budaya di Indonesia. Salah satunya terdapat di Jambi yaitu Candi Muaro Jambi. Banyak artefak-artefak yang bernilai sejarah tinggi telah ditemukan, tetapi masyarakat kurang mengetahui tentang informasi tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari penyebab mengapa remaja kurang mengetahui informasi tentang artefak tersebut dan menemukan solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dan analisis matriks SWOT. Dalam perancangan aplikasi Si Jambe, prinsip graphical user interface yang digunakan adalah menurut Deborah J Mayhew, beliau memperkenalkan prinsip umum desain user interface. Berdasarkan analisis tersebut diketahui bahwa remaja tidak banyak mengetahui tentang Candi Muaro Jambi serta artefaknya karena kurangnya media. Berdasarkan hasil analisis solusi dari masalah tersebut adalah merancang media informasi yang membahas tentang candi khususnya tentang artefak.
Kata Kunci: grapichal user interface, media pembelajaran, artefak Muaro Jambi