ANALISIS PEMETAAN PERSEPSI PENGGUNA SITUS MEDIA SOSIAL DI KOTA BANDUNG (STUDI KASUS FACEBOOK.COM, TWITTER.COM, YOUTUBE.COM, TUMBLR.COM DAN PINTEREST.COM

RICKY FEBIANKARA

Informasi Dasar

128 kali
15.04.673
302.231
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Jumlah pengguna internet yang sangat besar dan terus mengalami peningkatan telah mewujudkan budaya internet. Keberadaan internet memberikan kontribusi bagi masyarakat, perusahaan, industri ataupun pemerintah. Internetpun berpengaruh pada ilmu pengetahuan dan cara pandang dunia meskipun penyebaran internet belum menjangkau pelosok desa, teknologi ini sudah tidak asing lagi dikalangan manapun. Hampir semua masyarakat mengenalnya. Tidak ada batasan lokasi, akses, profesi, usia maupun tingkat pendidikan. Apalagi pengaplikasian layanan internet juga membantu berbagai aktivitas penggunanya. Dengan layanan internet cakupan jarak dan batas negara tidak lagi menjadi kendala untuk mencari dan mendapatkan informasi. Menurut Andreas Kaplan dan Michael Haenlein (2010), media sosial adalah sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang dibangun atas dasar ideologi dan teknologi web 2.0 yang memungkinkan penciptaan serta pertukaran “user-generated content”. Positioning suatu situs media sosial merupakan salah satu faktor penting dalam mengetahui dan menilai kemajuan situs media sosial sesuai dengan keinginan perusahaan tersebut dalam merepresentasikan brand image mereka kepada pengguna. Positioning sendiri dapat dinilai berdasarkan persepsi konsumen atau user. Uses and Gratification Theory (UGT) adalah salah satu faktor yang dapat memotivasi user dalam memilih suatu media. Menurut Zolkepli dan Kamarulzaman (2014) UGT media sosial dapat diukur melalui beberapa faktor yaitu, Personal needs, Social needs dan Tension release needs. Sementara itu Multidimensional Scalling (MDS) adalah metode yang memungkinkan peneliti untuk mengolah penilaian penggunaan persamaan atau preferensi suatu objek menjadi sebuah peta persepsi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui positioning serta pemetaan kelima situs media sosial terpopular di Indonesia, yaitu facebook, pinterest, tumblr, twitter dan youtube berdasarkan persepsi pengguna di Kota Bandung, Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada lima situs media sosial terpopular di Indonesia pada tahun 2013-2014 dengan jumlah sampel 400 responden dan dilaksanakan di Kota Bandung. Sampel dalam penelitian ini ditentukan bedasarkan non-probability convinence sampling dimana sampel dipilih berdasarkan keinginan peneliti. Hasil penelitian menunjukan bahwa facebook merupakan situs media sosial yang paling digemari secara keseluruhan atribut dan memiliki positioning yang kuat berdasarkan Uses and Gratification Theory, disusul oleh twitter, youtube, tumblr dan pinterest. Kata kunci: pemetaan, positioning, multidimensional scalling, uses and gratification theory

Subjek

Higher Education - Directory
 

Katalog

ANALISIS PEMETAAN PERSEPSI PENGGUNA SITUS MEDIA SOSIAL DI KOTA BANDUNG (STUDI KASUS FACEBOOK.COM, TWITTER.COM, YOUTUBE.COM, TUMBLR.COM DAN PINTEREST.COM
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RICKY FEBIANKARA
Perorangan
Elvira Azis
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini