PT XYZ merupakan salah satu Badan Usaha Milik
Negara (BUMN) di Indonesia yang melayani jasa pengiriman surat dan paket. Saat
ini PT XYZ sedang melakukan pelebaran bisnis dengan mengembangkan bisnis e-commerce yang diberi nama PQR. PQR adalah pusat belanja online dengan format e-marketplace yang memiliki motto “easy shopping at trusted place”. Salah satu kegiatan yang
menjadi kunci utama dalam e-commerce
adalah bagaimana perusahaan dapat memperoleh dan memelihara kepercayaan
pelanggan pada setiap kegiatan bisnisnya. Untuk itu, diperlukan suatu strategi yang
berkaitan dengan pelanggan yaitu, manajemen hubungan pelanggan. Dalam
mengimplementasikan manajemen hubungan pelanggan, PT XYZ harus memiliki
perencanaan dan rancangan yang baik. Pada penelitian ini, dilakukan analisis
SWOT untuk mengetahui kondisi eksisting perusahaan, lalu memetakan strategi
menggunakan BMC, setelah itu, dibuatlah perancangan Enterprise Architecture _(EA). Dibutuhkan sebuah _framework untuk mempermudah perancangan
EA. Pada penelitian ini digunakan framework
TOGAF ADM dimulai dari fase persiapan, arsitektur visi, arsitektur bisnis,
arsitektur sistem informasi termasuk arsitektur data dan arsitektur teknologi,
dan asitektur teknologi.