STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS (STUDI KASUS PADA VOCUZ EVOLUTE CLOTHING PADA TAHUN 2014)

M FIKRI FINALDO

Informasi Dasar

15.04.1659
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Industri sandang adalah industri yang semakin berkembang seiring bertambahnya jumlah penduduk, hal ini di sebabkan sandang adalah salah satu kebutuhan utama setiap manusia sehingga persaingan dalam industri ini semakin hari semakin ketat. Dalam hal ini, Vocuz Evolute sebagai salah satu usaha yang bergerak dibidang sandang yang berdiri sejak tahun 2003 dan belum mempunyai model bisnis, dapat menciptakan model bisnis yang tepat untuk menghadapi persaingan serta mengembangkan usahanya. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memetakan model bisnis Vocuz Evolute dengan menggunakan pendekatan business model canvas, kemudian model bisnis yang ada dievaluasi menggunakan analisis strengths, weaknesses, opportunities, and threats (SWOT). Setelah itu, dihasilkan rancangan model bisnis baru sebagai pengembangan usaha Vocuz Evolute. Jenis penelitian ini adalah deskriptif studi kasus dengan metode kombinasi. Teknik pengumpulan data metode kualitatif menggunakan in depth interview dan studi dokumentasi. Selain itu, data didapatkan dari kuesioner analisis Strenght, Weakness, Opportunity, Threat kepada pihak internal perusahaan. Teknik analisisnya menggunakan teknik analisis data kualitatif dan analisis statistik deskriptif.

Hasil pada penelitian ini menyatakan bahwa gambaran model bisnis perusahaan sudah baik jika ditinjau dari sembilan elemen menurut konsep business model canvas. Dari penelitian ini ditemukan bahwa perusahaan mampu memaksimalkan kekuatan yang ada sehingga kekuatan tersebut ada pada kategori tinggi dan sangat tinggi. Peluang yang sangat tinggi pada elemen customer segments dan ancaman yang tinggi pada elemen value propositions. Maka dari itu, perusahaan disarankan untuk dapat melakukan pengembangan bisnis dengan cara; Meningkatkan value propositions dengan cara menambah variasi produk, membuat divisi khusus untuk mengurus bagian online, dan menambah jumlah toko-toko mitra yang di miliki.

Subjek

ENTREPRENEURSHIP
 

Katalog

STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS (STUDI KASUS PADA VOCUZ EVOLUTE CLOTHING PADA TAHUN 2014)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

M FIKRI FINALDO
Perorangan
ratna l. nugroho
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini