Di era persaingan global, perusahaan tidak hanya bertujuan untuk memaksimalkan profit, namun mengantisipasi harapan stakeholders dengan melaksanakan Corporate Social Responsibility (CSR). CSR merupakan salah satu bentuk implementasi dari konsep tata kelola perusahaan yang baik. Stakeholders memiliki kekuatan untuk menilai reputasi berdasarkan informasi CSR perusahaan. Komunikasi CSR adalah proses mengantisipasi harapan stakeholders, artikulasi terhadap kebijakan CSR, dan menata berbagai media komunikasi perusahaan untuk mengelola informasi CSR yang benar dan transparan (Podnar dalam Nwagbara dan Reid, 2013: 409-410). Di era digital, official website merupakan salah satu media komunikasi yang banyak digunakan oleh perusahaan untuk mengkomunikasikan CSR. PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat & Banten Tbk merupakan bank emiten yang mengkomunikasikan CSR dengan mengalokasikan menu khusus CSR pada official website.
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan komunikasi cyber CSR yang dilakukan oleh Bank BJB pada official website. Penelitian ini menelaah analisis isi pesan CSR, penyajian informasi CSR, dan pola komunikasi CSR pada official website perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi untuk menganalisis teks yang memuat informasi CSR Bank BJB pada official website, analisis teks dilakukan dengan menggunakan teknik studi dokumentasi untuk mengumpulkan data yang sesuai dengan tujuan penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa isi pesan CSR pada official website Bank BJB tidak memenuhi prinsip transparansi dan konsistensi yang dianjurkan oleh guidenlines Global Reporting Initiative. Bank BJB tidak membangun reputasi melalui komunikasi cyber CSR yang dikelola pada official website, reputasi perusahaan yang dibangun oleh Bank BJB terkesan dipengaruhi oleh faktor-faktor kontekstual sebagai perbankan daerah yang telah go public. Dilihat dari penyajian informasi, official website Bank BJB memiliki kemampuan yang sangat rendah dalam menyajikan informasi CSR. Pola komunikasi CSR Bank BJB merupakan komunikasi model public information, komunikasi CSR Bank BJB pada official website bersifat one asymmetrical communication, sebagaimana official website hanya didominasi oleh perusahaan.
Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, cyber CSR, komunikasi, official website, analisis isi