ANALISIS MINAT PENGGUNAAN LAYANAN E-FILING OLEH WAJIB PAJAK MELALUI PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DI KPP PRATAMA PURWAKARTA

MOCH. RENO REYNALDI

Informasi Dasar

104 kali
15.04.2215
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kepatuhan wajib pajak dalam melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) merupakan syarat utama bagi penerimaan pajak yang optimal. Sejak tanggal 1 Februari 2012, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) telah menyediakan layanan yang dapat memudahkan wajib pajak dalam melaporkan SPT, yaitu melalui layanan e-Filing. Tingkat penerimaan user terhadap suatu teknologi baru merupakan hal yang perlu diperhatikan Teknologi yang memiliki kegunaan (perceived of usefulness) dan kemudahan pengoperasian (perceived ease of use) akan mempengaruhi sikap (attitude towards us) user yang kemudian akan mempengaruhi minat (intention to use) user dalam menggunakan teknologi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perceived of usefulness (PU) dan perceived ease of use (PEOU) dapat mempengaruhi attitude towards use (ATU) yang kemudian akan mempengaruhi intention to use (ITU) layanan e-Filing oleh wajib pajak di KPP Pratama Purwakarta. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, melibatkan 20 indikator yang akan dianalisis dengan teknik analisis Partial Least Squares (PLS) dengan menggunakan bantuan software SmartPLS 2.0. Sampel yang digunakan yaitu sebanyak 123 responden dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase tanggapan responden mengenai PU dari e-Filing yaitu sebesar 83,42% yang berarti sangat setuju, PEOU sebesar 78,05% yang berarti sangat setuju, ATU sebesar 80,13% yang berarti sangat setuju, dan ITU sebesar 79,32% yang berarti sangat setuju. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa PU dan PEOU memiliki pengaruh positif ATU serta ATU memiliki pengaruh positif terhadap ITU. Pemeliharaan (maintenance) secara teratur dan berkala perlu dilakukan untuk mempertahankan kualitas layanan dari aspek kegunaan layanan e-Filing. Selain itu, penambahan fitur-fitur interaktif pada e-Filing akan sangat bermanfaat dalam meningkatkan minat penggunaan e-Filing.

Kata kunci: attitude towards use, e-Filing, intention to use, perceived ease of use, perceived of usefulness, technology acceptance model.

Subjek

OPERATION MANAGEMENT
 

Katalog

ANALISIS MINAT PENGGUNAAN LAYANAN E-FILING OLEH WAJIB PAJAK MELALUI PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DI KPP PRATAMA PURWAKARTA
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MOCH. RENO REYNALDI
Perorangan
Sri Widyanesti
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini