PERANCANGAN STANDARD OPERATING PROCEDURE ISO 17025: 2008 PADA LABORATORIUM PROSES MANUFAKTUR TELKOM UNIVERSITY BERDASARKAN KLAUSUL 4.3 DENGAN METODE BENCHMARKING

FARLI ERIGGA PUTRA

Informasi Dasar

16.04.031
658.562
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Laboratorium Proses Manufaktur adalah salah satu Laboratorium di Universitas Telkom. Laboratorium Proses Manufaktur menjadi perhatian untuk peneliti dikarenakan Laboratorium tersebut memenuhi syarat yang dibutuhkan oleh peneliti dalam mencapai visi Univeristas Telkom di tahun 2015 yaitu rencana strategis dalam membuat universitas tersertifikasi ISO. Laboratorium merupakan komponen dari universitas, oleh karena itu peneliti mencoba untuk membuat Laboratorium dapat tersertifikasi 17025: 2008.

ISO 17025: 2008 merupakan standar untuk Laboratorium kalibrasi atau Laboratorium uji. Laboratorium Proses Manufaktur adalah Laboratorium yang paling mendekati dalam hal kalibrasi atau pengujian. Ketika Laboratorium Proses Manufaktur telah tersertifikasi, maka Laboratorium lainnya akan dapat mengikuti pedoman yang ada guna mewujudkan rencana strategis Universitas Telkom. SOP (Standard Operating Procedure) merupakan salah satu dokumen penting dalam persyaratan ISO 17025: 2008 dan akan membantu Laboratorium dalam menjalankan sistem yang terdokumentasi dalam SOP. Mengidentifikasi data dalam Laboratorium Prosman dan membandingkannya dengan standar ISO 17025, yang akan diperoleh GAP paling kritis dan diberikan usulan dalam proses perbaikan berupa SOP.

Perancangan SOP dilakukan dengan menggunakan metode benchmarking dengan mitra benchmark terpilih untuk menghasilkan proses yang efektif dan efisien dalam Laboratorium. SOP yang akan dirancang adalah SOP Pengendalian Dokumen sesuai dengan klausul 4.3 pada ISO 17025: 2008 yang akan dijelaskan secara rinci mengenai dokumen-dokumen yang terkait dengan Laboratorium Proses Manufaktur.

Kata Kunci : ISO 17025: 2008, Benchmarking, Laboratorium, Proses Manufaktur, Universitas Telkom.

Subjek

QUALITY MANAGEMENT
 

Katalog

PERANCANGAN STANDARD OPERATING PROCEDURE ISO 17025: 2008 PADA LABORATORIUM PROSES MANUFAKTUR TELKOM UNIVERSITY BERDASARKAN KLAUSUL 4.3 DENGAN METODE BENCHMARKING
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FARLI ERIGGA PUTRA
Perorangan
Sri Widaningrum, Muhammad Iqbal
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini