Perangkat telekomunikasi kehadiran istilah baru yang bernama phablet. Dimana phablet adalah gabungan dari kata smartphone dan tablet yang memiliki ukuran lebih besar dari smartphone dan lebih kecil dari tablet. Indonesia menjadi pasar terbesar untuk kategori perangkat phablet tersebut ditahun 2015. Dengan adanya persaingan merek phablet, positioning produk dianggap penting untuk mengetahui seperti apa preferensi yang mempengaruhi konsumen dalam memilih phablet dan evaluasi bagi produsen phablet untuk menentukan strategi yang akan dilakukan ke depannya khususnya bagi produsen yang ingin menyasar target pasar yang lebih spesifik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana positioning melalui perceptual mapping dari masing-masing merek phablet berdasarkan persepsi konsumen di Indonesia (studi pada phablet merek Apple, Samsung, Asus Zenfone, Xiaomi, Lenovo, dan LG). Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif, dengan menggunakan MDS (Multidimensional Scalling) sebagai teknik pengolahan data. Pengumpulan data dilakukan dengan cara convenience sampling kepada pengguna phablet dengan jumlah sampel 400 orang.
Hasil penelitian menunjukan bahwa peta positioning phablet berdasarkan persepsi konsumen menunjukan bahwa Apple unggul pada atribut design, durability, features, battery consumption, dan lifestyle. Samsung unggul pada atribut brand dan easy to find. Asus Zenfone unggul pada atribut ease to operation. Xiaomi tidak memiliki keunggulan yang lebih menonjol, hanya pada sampai peringkat 2 yaitu atribut price. Lenovo unggul pada atribut price. Dan LG tidak memiliki keunggulan yang lebih menonjol, karena selalu ada pada peringkat terendah di hampir semua atribut, namun ada satu atribut yang berada pada peringkat 4 yaitu atribut price.
Berdasarkan hasil penelitian, disarankan pada setiap perusahaan merek phablet untuk dapat melakukan evaluasi dan perbaikan dari segi produk phablet nya. Selain itu, perusahaan merek phablet disarankan melakukan inovasi-inovasi terbaru pada setiap atribut yang dinilai atau dipersepsikan konsumen buruk, serta dapat mempertahankan atribut yang dipersepsikan konsumen baik.
Kata Kunci: Phablet, Positioning, Multidimensional Scalling, Persepsi Konsumen