STRATEGI PENGEMBANGAN DAYA SAING USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) : STUDI KASUS SENTRA INDUSTRI BONEKA SUKAMULYA BANDUNG - INDONESIA

M RIZKY AKBAR

Informasi Dasar

16.04.1385
658.401 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Sektor Usaha, kecil, dan menengah (UMKM) memiliki kontribusi yang besar terhadap perekonomian nasional baik dari segi kontribusi terhadap Produk Regional Domestik Bruto (PRDB) maupun penyerapan tenaga kerja. Daya saing merupakan kunci penting dalam usaha mengembangkan dan meningkatkan kualitas UMKM di Indonesia dalam menghadapi MEA 2016. Maka sektor UMKM harus meningkatkan daya saing agar dapat menumbuhkan perekonomian secara nasional. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kondisi internal dan eksternal perusahan, kemudian memberikan solusi strategi yang sesuai dengan Sentra Industri Boneka Sukamulya.

Jenis penelitan yang digunakan adalah deskriptif dengan menggunakan metode gabungan (mix methods) yaitu kualitatif dan kuantitatif. Sampel dari narasumber ditentukan berdasarkan metode purposive sampling, sebanyak lima narasumber berpartisipasi yaitu pemerintah yang mengelola sentra dari pihak eksternal dan para pelaku UMKM dari pihak internal. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah Analisis lingkungan eksternal dan internal (IFE, EFE), Analisis SWOT, Analisis AHP, dan Analisis QSPM. Pengumpulan data didapatkan dari data sekunder dan primer.

Setelah melakukan pengumpulan data berikutnya mengidentifikasi faktor menggunakan teknik analisis yang dilakukan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan posisi dalam diagram analisis SWOT berada pada kuadran I dengan artian Sentra Industri Boneka Sukamulya harus melakukan strategi agresif. Berdasarkan analisis strategi yang menjadi prioritas utama untuk Sentra Industri Boneka Sukamulya adalah Sentra Industri Boneka Sukamulya harus lebih memperhatikan masalah dalam pencatatan keuangan dan lebih banyak mempelajari pemasaran online, pemerintah dan sentra boneka Sukamulya harus saling bersinergi, memperlukan suatu program untuk menganalisis keperluan para konsumen seperti melakukan riset pasar, dan yang terakhir membuat sebuah surat perjanjian antar pemiliki usaha dengan para pegawainya demi mengatasi masalah turnover.

Kata kunci : IFE, EFE, SWOT, AHP, QSPM

Subjek

STRATEGIC MANAGEMENT
 

Katalog

STRATEGI PENGEMBANGAN DAYA SAING USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) : STUDI KASUS SENTRA INDUSTRI BONEKA SUKAMULYA BANDUNG - INDONESIA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

M RIZKY AKBAR
Perorangan
Yuhana Astuti
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini