PERANCANGAN E-COMMERCE TANDURAN BERBASIS MARKETPLACE UNTUK MENINGKATKAN DAYA JUAL PELAKU BISNIS PERTANIAN ( MODUL PETANI )

I MADE GELGEL WESNAWA PUTRA

Informasi Dasar

16.04.1733
005.372
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pertanian merupakan kegiatan mengelola sumber daya alam hayati dengan bantuan teknologi, modal, tenaga kerja, dan manajemen untuk menghasilkan komoditas pertanian yang mencakup tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, dan/atau peternakan dalam suatu agroekosistem. Indonesia dikenal sebagai negara agraris karena sebagian besar masyarakatnya bermata pencaharian sebagai petani. Sektor pertanian mempunyai ruang lingkup yang luas yang tentu saja menunjang pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Salah satu masalah yang banyak dialami para petani di Indonesia yaitu kesulitan dalam melakukan penjualan produk yang mereka hasilkan. Di Indonesia pasar masih dikuasai oleh para tengkulak yang bisa mengendalikan harga jual hasil pertanian di suatu daerah. Maka, tidak heran jika harga beli tengkulak dari petani sangat rendah sedangkan harga jual ke konsumen sangat tinggi, Untuk membantu meningkatkan daya jual-beli diantara para pelaku bisnis pertanian, maka peneliti merancang suatu sistem yang dinamakan e-commerce Tanduran yang berfokus untuk menjual komoditi di bidang pertanian. Pelaku bisnis pertanian pada e-commerce yang akan dirancang terdiri dari petani, supplier, customer (pengguna hasil tani) dan investor. Upaya pemanfaatan e-commerce diharapkan dapat memotong mata rantai distribusi produk pertanian, sehingga mampu meningkatkan daya beli masyarakat serta dapat meningkatkan pendapatan petani. E-commerce Tanduran berbasis marketplace sehingga penjual dan pembeli dapat melakukan transaksi dalam satu tempat. Pembuatan e-commerce Tanduran menggunakan bahasa pemrograman PHP dan framework codeigniter. Dengan adanya e-commerce Tanduran diharapkan dapat meningkatkan daya jual-beli para pelaku bisnis pertanian.

Kata Kunci :Pertanian, E-commerce, Marketplace, PHP, Codeigniter

Subjek

ELECTRONIC COMMERCE
 

Katalog

PERANCANGAN E-COMMERCE TANDURAN BERBASIS MARKETPLACE UNTUK MENINGKATKAN DAYA JUAL PELAKU BISNIS PERTANIAN ( MODUL PETANI )
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

I MADE GELGEL WESNAWA PUTRA
Perorangan
IRFAN DARMAWAN, FAISHAL MUFIED AL ANSHARY
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

  • ISG4Q3 - E- COMMERCE
  • ISG4C4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini