Makna Hidup Iklan Rokok di Televisi (Analisis Semiotika John Fiske Terhadap Iklan Rokok “A Mild Go Ahead versi Langkah 2016”)

FIDEL BAHAR AHMAD

Informasi Dasar

16.04.2224
302.207 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan semiotika John Fiske. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui makna hidup dalam iklan A Mild Go Ahead versi langkah 2016 melalui kode televisi John Fiske yaitu level realitas, level representasi dan level ideologi. Hasil penelitian ini menunjukkan iklan A Mild Go Ahead versi langkah 2016 mengandung tanda berupa audio dan visual. Kemudian tanda-tanda tersebut dikelompokkan sesuai dengan kode-kode televisi John Fiske. Pakaian, Penampilan, dan Ekspresi termasuk ke dalam level realitas. Sedangkan setting, narasi dan backsound juga representasi yang terbentuk termasuk ke dalam level representasi. Sedangkan level ideologi dilihat dari kode-kode ideologi yang terdapat dalam iklan. Simpulan dari penelitian ini adalah pakaian, penampilan dan ekspresi dari level realitas menunjukkan berbagai langkah yang dilalui manusia yang mengandung makna hidup. Pada level representasi, terdapat beberapa obyek yang direpresentasikan untuk membentuk makna. Namun di setiap obyek mengandung makna hidup yang berbeda-beda. Secara keseluruhan perpaduan audio dan visual dari iklan A Mild Go Ahead versi langkah 2016 merepresentasikan makna hidup yang menjadi ideologi setiap orang seperti fenomena traveling, aktivitas formal dan non formal dll.

Kata Kunci : Makna Hidup, Iklan Televisi, Semiotika, John Fiske

Subjek

SEMANTICS
 

Katalog

Makna Hidup Iklan Rokok di Televisi (Analisis Semiotika John Fiske Terhadap Iklan Rokok “A Mild Go Ahead versi Langkah 2016”)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FIDEL BAHAR AHMAD
Perorangan
RANA AKBARI FITRIAWAN, ARIE PRASETIO
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

  • SK832146 - SKRIPSI
  • CBH4K6 - SKRIPSI
  • KHI4J4 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini