Perbaikan Kualitas Pelayanan Internet PT.XYZ Dengan Menggunakan Service Quality dan Model Kano

WAHYU BAGUS RILO PAMBUDI

Informasi Dasar

83 kali
16.04.2261
658.401 3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kawasan Telkom University memiliki 2 penyedia jasa layanan internet yang sering digunakan oleh mahasiswa/i yaitu PT.XYZ dan PT.ABC. PT.XYZ berdiri pada tanggal 1 Juli 2013 oleh salah satu ex-owner PT.ABC. Ex-owner tersebut memutuskan untuk berpisah (pecah kongsi) karena adanya perbedaan visi.Adanya keluhan pelanggan, menyatakan bahwa layanan kualitas yang sudah ada perlu ditingkatkan. Oleh karena itu, penelitian ini diharapkan dapat menemukan atribut kebutuhan yang akan digunakan sebagai titik acuan dalam membantu pembuatan perbaikan kualitas pelayanan yang baru bagi PT.XYZ. Pendekatan yang dilakukan pada penelitian ini adalah Integrasi Service Quality dan Kano. Adapun dimensi pada metode Service Quality yang digunakan adalah Tangibles, Relliability, Assurance, Responsiveness, dan Empathy. Hasil dari metode Service Quality ini yaitu 36 atribut kebutuhan yang mana terdiri dari 10 atribut lemah dan 26 atribut kuat. Sedangkan model Kano dilakukan untuk mengkategorikan atribut kebutuhan tersebut kedalam 6 dimensi Kano yaitu Must-Be, One Dimensional, Attractive, Indifferent, Reverse, dan Questionable. Kemudian menghasilkan 6 atribut kebutuhan pada penelitian ini yang disebut dengan True Customer Needs. Tahap selanjutnya memberikan rekomendasi kepada PT.XYZ berupa usulan perbaikan untuk peningkatan kualitas pelayanan pada PT.XYZ Usulan perbaikan yang diberikan yaitu perusahaan perlu menambahkan pegawai pada divisi customer service, perusahaan perlu memperbaiki website yang dimiliki (maintenance) dan menjalankan kembali akun facebook dan twitter yang sudah lama tidak dikelola agar dapat diakses oleh pengguna untuk mengetahui informasi teraktual layanan perusahaan, membuat alternatif pake internet antara ekonomis dan medium, perusahaan perlu meningkatkan kecepatan bandwidth paket ekonomis namun dengan harga yang tetap, pelanggan dapat membeli paket internet yang lebih murah (alternatif pengisian paket lain), perusahaan perlu memberikan pelatihan kepada pegawainya dengan waktu berkala.

Keywords: PT.XYZ, Konsumen/Pengguna, True customer needs, Servqual, Model Kano.

Subjek

QUALITY MANAGEMENT
 

Katalog

Perbaikan Kualitas Pelayanan Internet PT.XYZ Dengan Menggunakan Service Quality dan Model Kano
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WAHYU BAGUS RILO PAMBUDI
Perorangan
Budi Praptono, Rio Aurachman
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

  • IEG2J3 - SISTEM MANAJEMEN PEMASARAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini