Mobile commerce merupakan teknologi yang memanfaatkan jaringan internet yang diakses melalui perangkat mobile untuk melakukan aktivitas online, seperti transaksi dan pencarian informasi. Tingkat perkembangan pertumbuhan digital di Indonesia terus meningkat setiap tahunya, namun perkembangan m-commerce masih cukup rendah jika dibandingkan negara-negara bagian lain.
LINE merupakan salah satu aplikasi chatting yang populer di Indonesia yang menawarkan adanya fitur m-commerce, seperti transaksi pembelian stiker dan tema, iklan, pencarian informasi terkait produk tertentu. Dengan keunggulan ini, pelaku bisnis dapat memanfaatkan aplikasi LINE sebagai channel pemasaran mereka sesuai dengan aktivitas m-commerce yang diinginkan.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan kausal. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan software SmartPLS sebagai alat pengolahan data. Data utama didapatkan dari penyebaran kuisioner yang diisi oleh responden yang menggunakan aplikasi LINE.
Kata Kunci: m-commerce, instant messaging, online transaction, marketing, motivasi instrinsik, motivasi ekstrinsik