PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL DAN MEDIA PROMOSI WISATA EDUKATIF JENDELA ALAM

SARI RAMADENI

Informasi Dasar

16.04.2551
741.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Indonesia memiliki potensi keindahan dan kekayaan alam yang sangat besar, dimana potensi tersebut dapat dirangkai menjadi satu daya tarik wisata. Salah satu objek wisata yang memaksimalkan potensi alam Indonesia adalah wisata Jendela Alam yang terletak di daerah lembang, kabupaten Bandung Barat. Namun sangat disayangkan bahwa tempat wisata ini masih belum dikenal oleh masyarakat luas karena promosi yang dilakukan belum maksimal. Hal ini menyebabkan kurangnya minat masyarakat untuk berkunjung ke wisata edukasi alam. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi, wawancara, kuesioner, dan studi pustaka. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan matriks perbandingan. Hasil perancangan ulang identitas visual sangat diperlukan untuk menciptakan sebuah image yang mudah dikenal oleh wisatawan, dan media promosi yang sesuai dan tepat sasaran. Perancangan ini difokuskan pada unsur edukasi alam dan pariwisata sebagai acuan dalam visualisasi media-media yang meliputi logo, stationery, ticketing, poster, flyer, banner, billboard, website, dan media pendukung lainnya. Dengan adanya perancangan ini mampu membantu pihak Jendela Alam membuat identitas visual dan media promosi untuk meningkatkan minat masyarakat agar tertarik berkunjung ke wisata edukasi alam.

Kata Kunci : Jendela Alam, Wisata Edukasi, Edukasi Alam, Identitas Visual, Media Promosi

Indonesia has an enormous potential in beauty and wealth of nature, where the potential could be turned into a tourist attraction. One of the attractions that maximize the natural potential of Indonesia is Jendela Alam tourism located in Lembang, West Bandung regency. But it is so unfortunate that people hasn’t known this place because the promotions that had been done hadn’t up to the target. This causes the lack of public interest to visit natural education tourism. The methods used in data collection are; observation and documentation, interviews, questionnaires, and literature review. The obtained data will then be analyzed using comparative matrix. The result of visual identity redesign are needed to create an image that is easily recognized by tourists, with effective and well-targeted promotional media. The design focused on educational element of nature and tourism as a reference in the media visualization, including logo, stationery, ticketing, posters, flyers, banner, billboard, website, and other supporting media. The design will be able to help Jendela Alam create visual identity and promotional media to increase public interest in order to be interested in visiting natural education tourism.

Keywords : Jendela Alam, Education Tourism, Nature Education, Visual Identity, Promotional Media

Subjek

BRANDING
 

Katalog

PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL DAN MEDIA PROMOSI WISATA EDUKATIF JENDELA ALAM
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SARI RAMADENI
Perorangan
DIDIT WIDIATMOKO SUWARDIKUN
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini