Penelitian yang berjudul “Analisis Sosialisasi Program Kemitraan PT. Pelindo 4 Makassar” ini bertujuan untuk mengetahui baagaimana rencana strategi sosialisasi yang dilakukan oleh PT. Pelindo 4 kepada khalayak eksternal dalam program kemitraan, bagaimana implementasi strategi sosialisasi program kemitraan yang dilaksanakan oleh PT. Pelindo 4 kepada khalayak eksternal dan bagaimana evaluasi strategi sosialisasi program kemitraan yang dilaksanakan oleh PT. Pelindo 4 kepada khalayak eksternal.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan paradigma post-positivisme. Peneliti mendapatkan sumber data yang berasal dari wawancara mendalam terhadap 3 informan kunci dan 4 terhadap informan tambahan, dokumentasi arsip dan kliping kegiatan, dan observasi kegiatan kemitraan dan rapat kegiatan.
Kesimpulan dari penelitian ini, kegiatan sosialisasi program kemitraan PT. Pelindo 4 yang dilakukan adalah melalui media cetak dari majalah internal perusahaan, publikasi kegiatan dengan mengundang media koran, menjadi pembicara pada seminar BUMN untuk UKM dan melalui web page PT. Pelindo 4.
Kata kunci: Strategi Sosialisasi, Program Kemitraan, Studi Kasus.