Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran yang penting bagi
perekonomian Indonesia. Pada masa krisis moneter di Indonesia, sektor UMKM
mampu mendukung perekonomian Indonesia dimana saat itu perusahaan-perusahaan
skala besar banyak yang mengalami kebangkrutan, namun tidak dengan UMKM,
meskipun berada di situasi ekonomi yang tidak kondusif UMKM masih dapat terus
melanjutkan aktifitas bisnis sehingga roda perekonomian Indonesia seiring waktu
dapat pulih kembali. Menyadari pentingnya peran UMKM dalam perekonomian
Indonesia, dukungan teknologi informasi untuk sektor UMKM perlu didukung
sepenuhnya untuk membentuk perekonomian yang kondusif di Indonesia. Sehingga
menjadi sangat penting untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi sektor
UMKM dalam penggunaan sebuah teknologi terkhusus pada penelitian ini adopsi
terhadap layanan cloud computing.
Penelitian ini menggunakan Modified Unified Theory of Acceptance and Use of
Technology 2 (UTAUT2) sebagai kerangka penelitian dan adopsi layanan cloud
computing oleh UMKM di Indonesia sebagai obyek penelitian. Dalam penelitian ini
penulis melakukan modifikasi terhadap variabel dengan mengganti variabel Hedonic
Motivation dengan variabel Security & Privacy dan mengganti variabel Habit dengan
variabel Trust.
Hasil penelitian meliputi: 1) Hasil penelitian menunjukkan bahwa facilitating
condition, performance expectancy, price value, security & privacy dan trust
memiliki pengaruh yang kuat terhadap keinginan seseorang untuk menggunakan
layanan cloud computing, dimana performance expectancy memiliki pengaruh yang
paling signifikan terhadap behavioral intention. 2) Karakteristik responden mayoritas
di dominasi oleh jenis kelamin laki-laki dengan rentang usia 31 - 35 tahun, dimana
kombinasi penggunaan layanan cloud computing di sektor e-commerce didominasi
oleh tokopedia.com, bukalapak.com, dan shopee.com. 3) Hasil modifikasi variabel
pada model UTAUT2, membuktikan bahwa variabel security & privacy dan variabel
trust memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat seseorang untuk
menggunakan layanan cloud computing.
Kata kunci : User Acceptance; Cloud Computing; e-Commerce; Usaha Mikro Kecil
dan Menengah ; Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2).