Judgemental Sampling
berdasarkan pertimbangan subyektif dari peneliti bahwa yang akan diambil dari populasi adalah
orang-orang dengan pertimbangan / ciri tertentu. Responden penelitian adalah pelanggan
telepon seluler yang pernah menggunakan layanan kartu prabayar Mentari, namun sekarang
tidak lagi. Kuisioner berisi pertanyaan lengkap yang meliputi data karakteristik responden, data
penggunaan layanan dan pertanyaan-pertanyaan khusus yang disusun berdasarkan variabelvariabel
yang telah ditemukan sebelumnya untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan
dengan alasan responden berpindah operator.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel tarif, kegagalan layanan utama, dan
kompetisi, berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku perpindahan pelanggan dari layanan
kartu prabayar Mentari. Diantara variabel-variabel tersebut, variabel kompetisi merupakan
faktor yang paling kuat pengaruhnya terhadap perilaku perpindahan pelanggan kartu prabayar
Mentari. Sedangkan variabel respon pegawai terhadap kegagalan penyampaian jasa tidak
berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku perpindahan pelanggan. Disamping itu
perilaku berpindah layanan berpengaruh secara signifikan terhadap komunikasi