Pemasaran merupakan salah satu upaya yang dilakukan suatu perusahaan untuk
meningkatkan permintaan dan pemenuhan kebutuhan konsumen atau pelanggan sehingga
terjadi peningkatan pendapatan pada perusahaan tersebut. Dengan adanya peluncuran produk
Motor Micronn ini diharapkan perusahaan dapat memasuki pasar persaingan yang telah lama
tercipta. Saat ini ada dua merek impor yang menguasai pasar yaitu HNSY dan Strong. Kedua
merek import ini memiliki garga yang relatif tinggi bila dibandingkan dengan Motor Micronn.
Dimana terdapat sekitar 150 mahasiswa yang terdaftar di fakultas kedokteran gigi di berbagai
universitas setiap tahunnya, yang mana mereka pasti membutuhkan mikro motor (alat bor) ini.
Kebutuhan ini dimulai di awal tahun kedua perkuliahan, untuk itu diharapkan Motor Micronn
dapat memasuki pasar sedini mungkin. Tentunya diperlukan riset pasar yang efektif dalam
mempertimbangkan strategi pemasaran yang terbaik.
Dalam penelitian ini terlebih dahulu dilakukan identifikasi pasar potensial dan pasar
tersedia dari produk Motor Micronn, yaitu pasar yang mempunyai tingkat keminatan dan
mempunyai kesiapan, yaitu kemampuan daya beli dan kesediaan menunggu terhadap produk
Motor Micronn. Selanjutnya dari pasar tersedia dilakukan proses segmentasi dengan
menggunakan analisis cluster. Segmen hasil proses segmentasi kemudian dianalisis untuk
menentukan pasar sasaran. Kemudian untuk memposisikan layanan dibenak konsumen pasar
sasaran, dirumuskan suatu positioning statement berdasarkan pandangan konsumen terhadap
Motor Micronn tentunya disesuaikan dengan kemampuan perusahaan.
Dari hasil pengolahan data diperoleh pasar potensial sebesar 89 orang (43,84%) dengan
pasar tersedia sejumlah 88 orang (43,34%). Proses segmentasi menggunakan analisis cluster
menghasilkan 2 segmen yaitu segmen yang lebih kritis (65,06%) dan segmen yang kurang
kritis (34,94%). Variabel-variabel yang secara signifikan yang terbentuk adalah Kemasan(box
penyimpanan), Kemudahan perawatan, cara penyampaian Informasi dan kejelasan mengenai
alat, Kecepatan dalam menanggapi keluhan Pelangggan, Teknologi yg digunakan, Kecepatan
putar alat, berbelanja dengan cara mendatangi tempat tertentu, loyal terhadap suatu produk,
membeli produk yang harga jual kembali tinggi. Karakteristik segmen yang secara signifikan
berasosiasi dengan segmen yang terbentuk adalah Penghasilan, Pengeluaran, memiliki
mikromotor, Merek mikromotor, Kisaran harga mikromotor. Karakteristik kedua segmen
tersebut digunakan sebagai acuan untuk menentukan psar sasaran.
Segmen yang dipilih sebagai pasasr sasaran adalah kedua segmen yang terbentuk.
Namun strategi yang diterapkan berbeda yaitu segmen 2 yang memiliki kuantitas lebih banyak
adalah mereka yang rata-rata sudah berda disemester-semester akhir ataupun yang sudah Coass
. segmen 2 ini perlu terlebih dahulu dibidik karena segmen 2 ini sangat mempengaruhi
pasar pada segmen 1, yang mana segmen 1 disini adalah mereka mahasiswa semester alat dan
belum mempunyai mikromotor. Segmen 1 mendapatkan referensi tentang mikromotor dari
kakak kelasnya yang mana menjadi bagian bagian dari segmen 2. Diharapakan dengan
membidik pasar segmen 2 terlebih dahuku maka segmen 1 bisa diraih pula.
Sedangkan positioning dirumuskan dengan mempertimbangkan pandangan konsumen
terhadap Motor Mcironn maka akan dirumuskan suatu positioning statement. Statement yang
digunakan untuk memposisikan layanan ini kepada pasar sasaran adalah ”
MASALAH KUALITAS, GA HARUS HARGA DOOOONGG….
menentukan strategi promosi. .