USULAN PERBAIKAN PROSES PENANGANAN GANGGUAN VOICE DENGAN METODE SIX SIGMA SEBAGAI STANDAR PENGUKURAN PERFORMANSI KUALITAS LAYANAN TELKOM FLEXI

MOCHAMAD MULYADI

Informasi Dasar

109 kali
112020069
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Teknologi telekomunikasi selalu berkembang di garda terdepan mengikuti hasil riset

terbaru, dan bahkan seringkali menjadi pioner dalam teknologi. Perkembangannya teknologi

informasi dalam iklim kompetesi ini mendorong setiap pelaku bisnis telekomunikasi untuk

memberikan perhatian penuh pada kualitas layanan produk atau jasa yang ditawarkan terhadap

pelanggan karena kualitas produk dan jasa merupakan jaminan penting untuk bisa bersaing.

Tujuan terakhir yang akan dicapai perusahaan dalam hal ini ialah memenangkan persaingan

yang kompettitif dalam era industrilisasi tersebut. Perhatian penuh pada kualitas ini akan

memberikan dampak positif terhadap bisnis dengan menempuh dua cara, yaitu dampak

terhadap penurunan biaya opersional dan dampak terhadap peningkatan pendapatan. Hal

tersebut mendorong PT. Telkom untuk terus meningkatkan performansi kinerja dan mencapai

sukses bisnis melalui serangkaian usaha peningkatan kualitas layanan berfokus pada pelanggan

sebagai wujud nyata komitmen pelayanan, hasil dan citra terbaik terhadap pelanggan dan juga

sebagai usaha PT. Telkom, Tbk untuk bertahan dalam jangka panjang dalan era kompetitif saat

ini. Salah satu langkah yang telah ditempuh PT. Telkom adalah meningkatkan kualitas layanan

produk TELKOMFlexi, dimana TELKOMFlexi adalah jasa layanan telekomunikasi suara dan

data berbasis akses fixed wireless dengan teknologi CDMA 2000 1X yang beroperasi pada

frekuensi 1900 MHz.

Tahap pemecahan masalah dilakukan mulai dari tahap perumusan masalah kemudian

menentukan tujuan penelitian yang didapat dari studi literatur dan studi objek penelitian,

dilanjutkan dengan tahap pengumpulan data yang terdiri dari wawancara terhadap pelanggan

internal dan external serta melakukan pengumpulan data gangguan yang terjadi di

TELKOMFlexi area bandung. Setelah proses pengumpulan data dilakukan proses define yang

tersdiri dari pemilihan target dan tujuan penelitian, identifikasi proses dan performansi jaringan

telkomflexi, identifikasi proses kunci beserta pelanggan, pendifinisian kebutuhan spesifik

pelanggan, penetapan CTQ kunci dan potensial. Untuk tahap measure dilakukan pengukuran

performansi kualitas layanan, perhitungan sistem analisis sistem pengkuran, pengukuran

kapabilitas proses, kemudian dilanjutkan ke tahap analyze yang terdiri dari analisis proses dan

menetapkan root cause analisis. Tahap selanjutnya dilakukan improve yaitu dengan

menatapkan usulan perbaikan kualitas layanan.

Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa akar penyebab gangguan yang disebakan

oleh RF Loss ada 4 faktor yang mempengaruhinya: Faktio lingkungan, faktor teknis, faktor

mesin dan faktor manusia. Upaya perbaikan yang dilakukan menempatan microcell pada area

yang lemah dijangkau signal, memasangkan jaringan piccocell agar user didalam gedung dapat

terlayani walaupun berada didaerah blankspot macrocell.

Cacat, DPMO Sigma, Critical to Quality (CTQ), CTQ potensial, RF Loss

Subjek

INDUSTRIAL
 

Katalog

USULAN PERBAIKAN PROSES PENANGANAN GANGGUAN VOICE DENGAN METODE SIX SIGMA SEBAGAI STANDAR PENGUKURAN PERFORMANSI KUALITAS LAYANAN TELKOM FLEXI
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MOCHAMAD MULYADI
Perorangan
Sri Widaningrum, R Rohmat Saedudin
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini