Pengukuran Performansi pembelajaran dan pertumbuhan Perusahaan dengan menggunakan pendekatan Balanced Scorecard (PT. NTP Bandung)

Fredricha Natalia Br Sitepu

Informasi Dasar

112030018
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT.NTP adalah sebuah perusahaan jasa yang berdiri sejak tahun 1998 dan memiliki bidang spesialisasi proses reparasi, perbaikan berat dan pengujian berbagai mesin pesawat terbang dan turbin gas industri. Sebagai satu-satunya perusahaan terpercaya yang merawat dan memelihara semua pesawat terbang, maka PT.NTP harus senantiasa memberikan pelayanan yang berkuallitas dan mengutamakan kinerja terbaik dengan cara mengukur dan mengevaluasi pembelajaran dan pertumbuhan perusahaan secara berkala. Maka tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi ukuran keberhasilan yang mampu merepresentasikan performansi pembelajaran dan pertumbuhan perusahaan dan mengukur performansi pembelajaran dan pertumbuhan perusahaan dengan menggunakan pendekatan Balanced Scorecard serta mengevaluasi atau menganalisa hasil scorecard pembelajaran dan pertumbuhan PT.NTP.
Pengukuran performansi pembelajaran dan pertumbuhan PT.NTP mengadaptasi model Balanced Scorecard dengan melakukan pendekatan terhadap proses penurunan visi,misi, dan strategi perusahaan ke dalam tujuan-tujuan dan pengukuran-pengukuran indikator yang seimbang untuk setiap proses dalam kapabilitas karyawa, kapabilitas system informasi dan motivasi, pemberdayaan dan keselarasan. Pengukuran performansi pembelajaran dan pertumbuhan PT. NTP ini dilakukan dengan beberapa tahapan sebagai berikut : Pengenalan, wawancara, identifikasi tolok ukur, diskusi, dan pembobotan tolok ukur, dan analisis hasil pengukuran.
Evaluasi performansi pembelajaran dan pertumbuhan PT. NTP menghasilkan 8 indikator keberhasilan yang berpengaruh terhadap performansi pembelajaran dan pertumbuhan perusahaan. Besarnya pengaruh indikator tersebut bergantung pada besarnya bobot indikator tersebut. Indikator tiap dimensi beserta bobotnya adalah sebagai berikut : • Dimensi Kapabilitas Karyawan (35,66%) : Kepuasan Karyawan (49,04%), Pengembangan Karir (25,00%), dan Tingkat Produktivitas Karyawan (38,00%). • Dimensi kapabilitas Sistem Informasi (32,48%) :Tingkat Kesempurnaan Sistem Informasi (69,02%). • Dimensi Motivasi, Pemberdayaan dan Keselarasan (31,86%) : Jumlah Masukan dari karyawan (38,20%), Jumlah Karyawan Terdidik (20,76%), Jumlah Training dalam 1tahun (15,50%) dan Jumlah sarana dan Prasarana pendukung (37,30%). Pengukuran performansi pembelajaran dan pertumbuhan keseluruhan dilakukan dengan menghitung kinerja masing-masing dimensi. Hasil perhitungan performansi tiap dimensi adalah sebagai berikut : Dimensi Nilai Performansi Kriteria Kapabilitas Karyawan 4,5431 Baik Kapabilitas Sistem Informasi 3,0000 Kurang Motivasi, Pemberdayaan dan Keselarasan 2,9614 Kurang Nilai performansi pembelajaran dan pertumbuhan PT. NTP secara keseluruhan tahun 2006 adalah 3,5379 dengan kategori cukup. Pembelajaran dan Pertumbuhan, AHP (Proses Hirarki Analitik), BSC

Subjek

Industri engineering
 

Katalog

Pengukuran Performansi pembelajaran dan pertumbuhan Perusahaan dengan menggunakan pendekatan Balanced Scorecard (PT. NTP Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Fredricha Natalia Br Sitepu
Perorangan
Budi Sulistyo, Samsul Budiarto
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini