PENGEMBANGAN STRATEGI PURCHASING UNTUK MENENTUKAN MASTER PURCHASE AGREEMENT TERHADAP SUPPLIER MENGGUNAKAN SUPPLY POSITIONING MODEL DI PT INTI (STUDI KASUS : PROYEK TITO)

Reza Arief Muhammad

Informasi Dasar

112070030
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT INTI merupakan perusahaan penyedia engineering solution yang memadukan berbagai sistem dan teknologi dari berbagai pemasok berbeda menjadi sebuah solusi layanan optimum. Kerjasama dengan berbagai supplier merupakan hal yang penting dalam proses bisnis ini (www.inti.co.id). Dalam melakukan kegiatan pengadaan barang, PT INTI melakukan proses purchasing atau pembelian material ke pihak luar (supplier). Salah satu prinsip pengadaan PT INTI yaitu efisien. Saat ini masih terdapat pengadaan material di PT INTI yang tidak sesuai dengan perancanaan. Hal ini diakibatkan budget exceded dan keterlambatan pengiriman barang. Ketidaksesuaian tersebut menunjukkan proses pengadaan masih belum efisien. Untuk mendapatkan pengadaan yang efisien dibutuhkan strategi purchasing yang tepat untuk memilih supplier dan menentukan hubungan kerja sama terhadap supplier yang tepat.

Strategi purchasing ditentukan menggunakan Supply Positioning Model. Pengolahan data dilakukan terhadap data dari bagian pengadaan PT INTI yaitu data pembelian material untuk menentukan tingkat pembelian dan data tingkat resiko, seperti data Month Movement, data jumlah supplier dan data lead time.

Pengolahan data menggunakan Supply Positioning Model menghasilkan kelompok material yaitu kelompok Critical sebanyak 12 material, kelompok Leverage sebanyak 17 material, kelompok Bottleneck sebanyak 37 material dan kelompok Routine sebanyak 106 material. Jumlah supplier yang dapat dijadikan mitra kerja adalah 14 supplier. PT INTI dapat menjalin hubungan kerjasama Long-term Contract untuk 1 supplier, Short-term Contract untuk 11 supplier dan pembelian langsung untuk 2 supplier. Penentuan strategi purchasing dan hubungan kerja sama ini dapat dijadikan sebagai rekomendasi untuk meningkatkan kualitas proses pengadaan di PT INTI.

Purchasing, Supply Positioning Model, Long-term Contract, Short-term Contact

Subjek

RESEARCH
 

Katalog

PENGEMBANGAN STRATEGI PURCHASING UNTUK MENENTUKAN MASTER PURCHASE AGREEMENT TERHADAP SUPPLIER MENGGUNAKAN SUPPLY POSITIONING MODEL DI PT INTI (STUDI KASUS : PROYEK TITO)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Reza Arief Muhammad
Perorangan
Rino Andias Anugraha, ST., MM; Budi Santosa, ST
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini