Usulan Pengembangan Layanan Paket Pos Dengan Metode Quality Function Deployment (QFD) di PT Posindo (PERSERO) Bandung

Nur'aty Aini

Informasi Dasar

94 kali
112070076
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT Posindo adalah perusahaan yang menyediakan jasa perposan di Indonesia. Sehubungan dengan dihapuskannya hak monopoli dibidang perposan di PT Posindo dan munculnya banyak kompetitor baru, PT Posindo dengan gencar melakukan pengembangan layanannya, tidak terkecuali layanan paket pos. Namun, perolehan laba PT Posindo dan pendapatan paket pos tidak mencapai target di tahun 2010. Hasil interview terhadap 30 orang yang pernah menggunakan jasa pengiriman paket pos dan swasta, 92% reponden lebih memilih untuk menggunakan paket swasta. Untuk itu perlu dilakukan pengembangan layanan paket pos dengan detail dan bersifat customer based menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD).

Quality Function Deployment (QFD) adalah metode pengembangan produk untuk menetapkan spesifikasi kebutuhan berdasarkan keinginan konsumen, serta mengevaluasi kapabilitas produk dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen (Cohen,1995). Penelitian dilakukan terhadap 100 responden yang pernah menggunakan layanan paket pos dan TIKI (selaku kompetitor). Dari hasil pengolahan data, diperoleh nilai GAP tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan seluruhnya bernilai minus dari 19 atribut kebutuhan. Hal ini menunjukkan bahwa layanan yang diberikan bagian paket pos belum memenuhi kebutuhan pelanggan. Dari hasil pengolahan dengan House of Quality dan Matriks Part Deployment diperoleh 23 karakteristik teknis dan 28 critical part. Usulan pengembangan layanan paket pos berupa minimalisir waktu siklus setiap aktifitas, pengembangan job specification dan pengadaan training petugas frontliner, penentuan kriteria jenis packaging yang aman, pengembangan job specification dan pengadaan training petugas operasional, pengadaan Standar Operasional Prosedur (SOP) material handling, pemilihan penggunaan transportasi terbaik, penambahan jumlah customer service per kota, dan pengembangan jenis media pelayanan. Paket Pos, Quality Function Deployment (QFD), TIKI

Subjek

RESEARCH
 

Katalog

Usulan Pengembangan Layanan Paket Pos Dengan Metode Quality Function Deployment (QFD) di PT Posindo (PERSERO) Bandung
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Nur'aty Aini
Perorangan
Sri Widaningrum, Ir. MT; -
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini