USULAN PEMBUATAN STANDARD OPERATION PROCEDURE (SOP) PELAKSANAAN EVENT DENGAN EKSTERNALISASI TACIT KNOWLEDGE MENGGUNAKAN SIX SIGMA DI SUB DEPARTEMEN COMMUNITY AND SEGMENTED CUSTOMER GRAPARI BANDUNG

Faridilla Ainun

Informasi Dasar

126 kali
112070085
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pelaksanaan event yang diselenggarakan oleh sub departemen Community and Segmented Customer (CSC) Grapari Bandung merupakan salah satu upaya untuk meningktakan jumlah dan loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode peningkatan kualitas yaitu Six Sigma dengan melakukan pengukuran berdasarkan pengetahuan yang diperoleh dari proses knowledge spiral. Six Sigma merupakan metode untuk melakukan peningkatan kualitas dan kinerja bisnis dengan melakukan pemecahan masalah yang akan berfokus pada proses. Sementara itu, Knowledge Spiral adalah tahapan-tahapan yang dilakukan dalam mentransfer dan menciptakan pengetahuan baik yang bersifat tacit maupun explicit. Pada penelitian ini, data diperoleh dari hasil wawancara kepada pelaku proses bisnis yaitu sub departemen CSC bersama next process customer, meliputi supplier merchandise, event organizer, percetakan publikasi, dan pihak internal PT. Telkomsel. Hasil penelitian ini didapatkan beberapa bad experiences yang dialami oleh pihak pelaku aktivitas dalam proses bisnis yang dilakukan. Bad experiences yang ada akan diolah menjadi sebuah karakteristik kunci (CTQ) yang akan digunakan dalam penyusunan Standar Operation Procedure (SOP) sebagai sebuah standar yang harus dipenuhi dalam pelaksanaan proses bisnis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah SOP yang merupakan explicit knowledge dapat dibuat dengan disertai peningkatan kualitas event dapat ditingkatkan menggunakan metode Six Sigma dengan pengetahuan yang berasal dari proses Knowledge Spiral khususnya pengetahuan yang berupa tacit knowledge. Untuk penelitian selanjutnya, dapat memperluas cakupan wilayah penelitian tidak hanya di sub departemen CSC Grapari Bandung dengan metode six sigma sampai tahap controlling. event, proses bisnis, knowledge spiral, six sigma, Standar Operation Procedure

Subjek

RESEARCH
 

Katalog

USULAN PEMBUATAN STANDARD OPERATION PROCEDURE (SOP) PELAKSANAAN EVENT DENGAN EKSTERNALISASI TACIT KNOWLEDGE MENGGUNAKAN SIX SIGMA DI SUB DEPARTEMEN COMMUNITY AND SEGMENTED CUSTOMER GRAPARI BANDUNG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Faridilla Ainun
Perorangan
Dr. Luciana Andrawina Ir, MT; Pratya Poeri S. , ST. MT.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini