Penilaian kerja merupakan hal yang sangat penting dilakukan di sebuah
perusahaan. IT Telkom sebagai salah satu bentuk perusahaan belum memiliki
suatu standar penilaian kerja yang terstruktur, khususnya untuk staf prodi. Beban
kerja staf prodi yang memberikan pelayanan terhadap dosen dan mahasiswa
terlalu besar sehingga perlu adanya evaluasi. Evaluasi bisa dilakukan apabila IT
Telkom memiliki sebuah proses bisnis penilaian kerja untuk staf prodi yang baik.
Dalam merancang sebuah standar dan proses bisnis penilaian BKND staf prodi
yang baik, maka metode yang digunakan adalah SECI. SECI merupakan tahapan
metode yang terdiri dari socialization, externalization, combination, dan
internalization. Metode ini digunakan untuk mengonversi data yang bersifat tacit
knowledge menjadi explicit knowledge dan sebaliknya agar dapat lebih dimengerti
dan dijadikan sebagai acuan.
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil perancangan standar penilaian
BKND staf prodi yang memiliki 9 kriteria penilaian yaitu concern for order,
customer service orientation, expertise, organization commitment, initiative,
information seeking, teamwork, team ledership dan flexibility. Proses bisnis
penilaian BKND staf prodi disusun berdasarkan hasil dari perancangan penilaian
kerja yang melibatkan entitas asman/manajer, staf prodi dan pihak SDM.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil rancangan standar penilaian BKND
staf prodi beserta proses bisnisnya bisa diaplikasikan dan diimplementasikan di IT
Telkom. Hal yang selanjutnya bisa dilakukan adalah pengukuran faktor
kompetensi yang dimiliki oleh staf prodi untuk mengetahui sejauh apa gap yang
dimiliki dengan standar faktor kompetensi. Pembuatan knowledge management
system tentang penilaian BKND staf prodi bisa dilakukan untuk mempermudah
pihak user dalam melakukan penilaian. penilaian kerja, SECI, BKND, proses bisnis