PT Widya Bhakti Inti disingkat PT WBI adalah salah satu perusahaan yang bergerak
dalam bidang pelayanan kesehatan masyarakat. Poliklinik PT WBI merupakan salah
satu poliklinik yang terdapat di kota Bandung. Poliklinik PT WBI memiliki 3
poliklinik utama, poliklinik umum, poliklinik gigi, dan poliklinik KB/ KIA.
Kepuasan pasien menjadi sesuatu hal yang sangat penting karena pada hakikatnya
sebagian besar proses bisnis yang ada akan lebih sering terkait secara langsung
dengan pasien. Untuk itu, dilakukan penyebaran kuesioner untuk mengetahui
kepuasan pasien terhadap layanan poliklinik PT WBI dan dari hasil kuesioner
tersebut didapatkan 62% pasien tidak puas terhadap pelayanan yang diberikan.
Selain adanya keluhan dari pelanggan eksternal atau pasien, diperoleh pula keluhan
dari pelanggan internal atau staf poliklinik. Dengan demikian, perlu dilakukan
perbaikan dengan menggunakan Business Process Improvement untuk proses bisnis
poliklinik PT WBI agar proses menjadi lebih efektif dan efisien.
Perbaikan proses dengan BPI mencakup analisis nilai tambah dan penggunaan
streamlining tool dengan mempertimbangkan aspek ketersediaan fasilitas, teknologi
dan sumber daya manusia serta data keluhan dari pelanggan internal dan eksternal
dari proses bisnis existing-nya. Analisis dilakukan per aktivitas untuk setiap proses
dengan pendekatan analisis aktivitas dan streamlining untuk mendapatkan proses
bisnis yang lebih efektif, efisien dan adaptif serta didukung dengan pembuatan
sistem informasi. Perbaikan proses bisnis existing dilakukan menggunakan
pendekatan Business Process Improvement dan didapat penurunan jumlah aktivitas
serta nilai efisiensi waktu siklus usulan meningkat untuk setiap jenis pelayanan.
Untuk pembuatan sistem informasi, metode yang digunakan adalah metode
waterfall. Sistem informasi yang dibuat merupakan sistem informasi yang
terintegrasi antara bagian pendaftaran, perawat, dokter, dan apotek.
Didapatkan proses bisnis usulan yang tingkat efisiensinya lebih baik dibandingkan
dengan proses bisnis existing. Pelayanan pendaftaran pasien baru efisiensi waktu
siklus existing 7,23% dan usulan 27,35%; Pelayanan pendaftaran pasien lama
efisiensi waktu siklus existing 7,22% dan usulan 39,60%; Pelayanan poliklinik
umum existing 50,00% dan usulan 88,71%; Pelayanan poliklinik gigi existing
54,45% dan usulan 89,61%; Pelayanan pengambilan obat existing 5,83% dan usulan
12,61% Streamlining, Sistem Informasi, Bussiness Process Improvement.