Pengembangan Program Komunikasi Pemasaran Telkomsel Flash dengan Konsep Integrated Marketing Communication (IMC) pada PT. Telkomsel Region Bandung

Revrian Fajhri Andana

Informasi Dasar

119 kali
112070197
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kebutuhan akan internet bagi aktivitas manusia saat ini tidak dapat dipungkiri lagi fungsinya. Akses di mana saja, kapan saja serta dengan kecepatan tinggi menjadi kebutuhan konsumen yang dilihat sebagai pasar potensial oleh Telkomsel dengan produknya Telkomsel Flash. Pasar yang begitu potensial ini belum dapat dimanfaatkan sepenuhnya oleh Telkomsel dan perusahaan telekomunikasi lainnya yang dibuktikan dengan rendahnya penetrasi pasar Internet Broadband di Indonesia di bandingkan negara lainnya di kawasan Asia.
Iklan memiliki peran penting dalam mengkomunikasikan serta menarik perhatian konsumen dalam menggunakan Telkomsel Flash, perlu mendapat perhatian lebih agar dapat menarik lebih banyak konsumen menggunakan Telkomsel Flash. Untuk itu perlu dilihat bagaimana efektivitas program komunikasi pemasaran yang telah dijalankan dan pengembangan program tersebut agar lebih baik dengan menggunakan konsep Integrated Marketing Communication (IMC). Konsep (IMC) sendiri memadukan saluran-saluran media iklan agar terciptanya koordinasi antar bauran komunikasi pemasaran dan bauran pemasaran lainnya.
Penelitian menggunakan kuisoner untuk melihat bagaimana efektivitas program komunikasi pemasaran dengan menggunakan model Consumer Decision Model dengan analisis jalur bagaimana pengaruh iklan terhadap niat beli dari konsumen. Didapatkan hasil bahwa program komunikasi pemasaran eksisting dari Telkomsel Flash belum cukup efektif karena hanya dapat mempengaruhi 0,07 persen dari setiap kenaikan 1% dari efek iklan.
Selanjutnya penelitian dilanjutkan untuk pengembangan program komunikasi pemasaran eksisting dengan konsep Integrated Marketing Communication. Analisis Citra serta benefit konsumen digunakan untuk mengidentifikasi audiens sasaran yang merupakan tahap pertama dari IMC. Hirarchy of Effect model serta data demografi audiens menjadi acuan dalam penentuan tujuan dari program pemasaran sebagai langkah kedua IMC. Analisis media digunakan untuk memilih proporsi dari setiap media yang digunakan dan diakhiri dengan keputusan bauran program komunikasi pemasaran yang dijadikan usulan. Integrated Marketing Communication, Telkomsel, Consumer Decision Model, Efektivitas iklan

Subjek

RESEARCH
 

Katalog

Pengembangan Program Komunikasi Pemasaran Telkomsel Flash dengan Konsep Integrated Marketing Communication (IMC) pada PT. Telkomsel Region Bandung
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Revrian Fajhri Andana
Perorangan
Budi Praptono, Ir., MM; -
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini