Kegiatan advertising yang dijalankan oleh Divisi Marketing PT. Telkomsel, Tbk. Regional Jawa Barat mencakup fungsi periklanan, sponsorship, dan kegiatan lainnya yang bertujuan untuk mempromosikan perusahaan. Ini sebabnya pelaksanaan advertising perlu dijadikan lebih efisien.Penelitian ini untuk mengefisienkan waktu siklus dari proses bisnis kegiatan advertising dengan menggunakan metode Business Process Improvement (BPI). Metode BPI ini akan menghasilkan proses bisnis usulan dengan melakukan analisis streamlining dan perubahan-perubahan yang inkremental terhadap proses bisnis existing. Proses bisnis usulan ini disusun dengan mempertimbangkan harapan dan keluhan pelanggan serta input dari pihak Telkomsel. Selain menghasilkan suatu proses bisnis usulan, penelitian ini juga akan menyusun beberapa Standard Operational Procedure (SOP) dari beberapa aktivitas dalam proses bisnis usulan. SOP ini dimaksudkan untuk mempermudah transisi pihak Telkomsel dari proses bisnis existing ke usulan.Kesimpulan dari penelitian ini adalah SOP dapat disertai pada proses bisnis usulan hasil BPI untuk merealisasikan waktu siklus hasil perbaikan. Hasil dari penelitian ini berupa proses bisnis advertising usulan dengan efisiensi sebesar 67% dan waktu siklus selama 199.9 jam. Selain itu disusun SOP sebanyak delapan buah untuk mengakomodasi sebelas aktivitas hasil analisis streamlining. Proses bisnis, advertising, Business Process Improvement (BPI), Standard Operational Procedure (SOP)