Perusahaan Junkiee Shoes merupakan salah satu perusahaan lokal penghasil
sepatu yang berdiri pada bulan Desember 2010. Untuk sistem penjualannya
perusahaan ini menggunakan media internet sebagai basis utama penjualan
produk-produknya atau lebih sering dikenal dengan istilah online shop. Sering kali
muncul permasalahan dalam sistem pelayanan yang diberikan oleh perusahaan.
Untuk mengetahui permasalahan yang timbul berdasarkan keinginan dan
kebutuhan pelanggan guna meningkatkan pelayanan perusahaan membutuhkan
sebuah sistem yang mampu meningkatkan kualitas jasa pelayanan online shop.
Untuk merancang sebuah proses bisnis perbaikan kualitas jasa pelayanan tersebut
dapat dilakukan dengan menggunakan metode Quality Function Deployment
(QFD). QFD merupakan salah satu teknik yang digunakan menerjemahkan
kebutuhan pelanggan ke dalam karakteristik pelayanan serta mempertimbangkan
kemampuan perusahaan untuk memenuhinya. Dengan menggunakan metode QFD
diharapkan penelitian ini dapat merancang proses bisnis perbaikan kualitas jasa
pelayanan agar perusahaan dapat memperbaiki kualitas jasa layanan dengan lebih
baik. Proses bisnis perbaikan kualitas jasa pelayanan ini penting bagi perusahaan
Junkiee Shoes karena dengan adanya proses bisnis tersebut perusahaan dapat
mampu mengidentifikasi keluhan pelanggan dengan lebih cepat dan tepat, serta
perusahaan dapat menerapkan sistem perbaikan kualitas modern
Dalam merancang proses bisnis perbaikan kualitas jasa pelayanan, dilakukan
analisis pemahaman proses dengan pendekatan re-engineering. Dilanjutkan
dengan proses brainstorming, fantasizing dan benchmarking untuk merancang
proses bisnis perbaikan kualitas jasa pelayanan dengan QFD sebagai pendekatan
perbaikan kualitasnya. Selama proses perancangan ini dilakukan, peneliti
berkonsultasi dengan pihak Junkiee Shoes guna menemukan usulan rancangan
yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan perusahaan.
Dalam merancang proses bisnis perbaikan kualitas jasa pelayanan, dilakukan
analisis pemahaman proses dengan pendekatan re-engineering. Dilanjutkan
dengan proses brainstorming, fantasizing dan benchmarking untuk merancang
proses bisnis perbaikan kualitas jasa pelayanan dengan QFD sebagai pendekatan
perbaikan kualitasnya. Selama proses perancangan ini dilakukan, peneliti
berkonsultasi dengan pihak Junkiee Shoes guna menemukan usulan rancangan
yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan perusahaan.
Re-engineering, Pelayanan, Quality Function Deployment, Sistem