Sistem canvassing adalah saluran distribusi yang digunakan oleh PT Meghantara sebagai salah satu authorized dealer Divisi Telkom Flexi Bekasi. Namun, seiring dengan ketatnya kompetisi telekomunikasi CDMA, PT Meghantara perlu melakukan antisipasi, yaitu dengan cara mengembangkan kualitas sistem canvassing yang dimiliki PT Meghantara saat ini.
Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan rekomendasi pengembangan kualitas sistem canvassing PT Meghantara sesuai dengan kebutuhan outlet untuk meningkatkan kepuasan outlet. Penelitian ini menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD). Penelitian ini mengidentifikasi 13 atribut kebutuhan sistem canvassing yang diukur kinerjanya menurut outlet berdasarkan tingkat kepentingan dan kepuasan. Setelah itu, ditentukan atribut yang perlu diprioritaskan untuk meningkatkan kualitas sistem canvassing PT Meghantara di waktu yang akan datang.
Berdasarkan hasil pengukuran kinerja dari 15 atribut kebutuhan, terdapat 5 atribut kebutuhan outlet PT Meghantara dimana kinerjanya berada di bawah kinerja kompetitor. Kelima atribut tersebut adalah ketersediaan program loyalitas untuk outlet, kemudahan sistem pemesanan dan pengadaan produk, kemudahan untuk menghubungi canvasser, kunjungan canvasser secara rutin, kemampuan canvasser dalam memberikan informasi layanan, kecepatan dalam merespon permintaan dan kecepatan dalam menanggapi keluhan.
Perumusan rekomendasi disusun untuk mengembangkan kualitas sistem canvassing PT Meghantara. Rekomendasi dirancang berdasarkan hasil pengolahan data, analisis, dan brainstorming dengan perusahaan serta melakukan benchmark yang relevan di perusahaan kompetitor. Adapun rekomendasi yang diusulkan dalam penelitian ini adalah peningkatan program pelatihan canvasser, peningkatan briefing canvasser, peningkatan evaluasi canvasser, peningkatan evaluasi penanganan keluhan, penambahan jumlah aktivitas pada kunjungan rutin canvasser, penurunan jumlah minimal outlet yang dikunjungi canvasser, penambahan waktu kerja canvasser, penurunan waktu penanganan keluhan, penambahan jumlah canvasser, penambahan media penyampaian program loyalitas outlet, penurunan waktu pengiriman produk, peningkatan waktu kunjungan, penambahan intensitas program loyalitas outlet, dan penyediaan form penerimaan produk untuk outlet.
Quality Function Deployment, Sistem Canvassing, Outlet