Prospek TV berbayar di Indonesia yang semakin cerah membuat PT TELKOM
mengeluarkan produk IPTV pertama di Indonesia yang dinamakan GrooviaTV.
Produk GrooviaTV masih tergolong baru di masyarakat sehingga PT TELKOM perlu
melakukan promosi, salah satu bentuk promosi yang dilakukan adalah periklanan.
Jenis media yang paling sering digunakan oleh PT TELKOM dalam melakukan
periklanan GrooviaTV adalah televisi. Kondisi existing penayangan iklan GrooviaTV
di media televisi dengan biaya cukup besar, belum diketahui bagaimana pengaruh
frekuensi penayangan iklan GrooviaTV terhadap minat beli. Penelitian ini dilakukan
untuk mengetahui pengaruh frekuensi penayangan iklan terhadap minat beli produk
GrooviaTV, yang dilakukan dengan melihat perbedaan minat beli diantara kelompok
yang mendapat terpaan iklan GrooviaTV tiga kali dengan kelompok yang mendapat
terpaan iklan GrooviaTV satu kali.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Quasi Experimental Design. Jenis dari
Quasi Experimental Design yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group
Design Posttest Only. Penelitian dilakukan di kawasan pendidikan Telkom dengan
partisipan mahasiswa. Partisipan pada penelitian ini berjumlah 40 orang yang dibagi
ke dalam Experimental Group dan Control Group. Pada saat pelaksanaan
eksperimen, partisipan pada kedua kelompok diberikan treatment berupa video Stand
Up Comedy yang didalamnya terdapat tayangan iklan GrooviaTV, setelah itu
partisipan diberikan posttest berupa kuesioner.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok yang mendapat terpaan iklan tiga kali
memiliki minat beli terhadap produk GrooviaTV yang lebih tinggi dibandingkan
dengan kelompok yang mendapat terpaan iklan satu kali. Oleh karena itu, sebaiknya
PT TELKOM menayangkan iklan GrooviaTV dengan frekuensi tiga kali. PT
TELKOM juga perlu memerhatikan waktu penayangan iklan agar dapat menjangkau
target pasar GrooviaTV sehingga iklan GrooviaTV yang ditayangkan tidak terasa siasia
dan dapat menimbulkan minat beli yang lebih tinggi terhadap produk GrooviaTV. frekuensi penayangan iklan, minat beli, Quasi Experimental Design,